Drs Jusman, Bagikan BLTDes ke 111 Kepala Keluarga di Desanya

NASIONAL89 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS | Sebanyak 111 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan Luwu Utara menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDes). Setiap KPM tersebut akan menerima uang Rp. 300 ribu per bulan. Sedangkan penyaluran pada tahap I ini bulan Januari, Februari, Maret langsung disalurkan 3 bulan langsung untuk tahun 2022. Artinya setiap KPM akan menerima uang sebesar Rp900 ribu.

Menurut Kepala Desa Kalotok Drs Jusman bahwa, penyaluran BLT ini, alokasi anggarannya di tahap I dari 111 penerima dikali Rp900 ribu sebanyak Rp. 99.900.000,-

Ditambahkannya, penyaluran BLTDes ini sesuai dengan Perpres 104 tahun 2021 tentang rincian anggaran belanja negara tahun anggaran 2022. Serta merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 190/ PMK.07/ 2021 tentang, pengelolaan dana desa. Sesuai amanah peraturan tersebu, pemerintah desa diwajibkan untuk mengalokasikan 40% dana desa untuk BLTDes.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Hasil Swab Tes Massal, 17 Pegawai di Bumi Lamaranginang Positif Virus Corona

Saat ini bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa itu tengah disalurkan.“ Dan disalurkan Jumat 11 Maret 2022 kemarin, dan kami harapkan penerima memanfaatkan dengan baik untuk belanja kebutuhan ekonomi di pandemi corona ini,” pesan Kepala Desa Kalotok.

Diharapkan juga oleh Ketua Apdesi Kecamatan Sabbang Selatan itu bahwa, penyaluran bantuan baik yang bersumber dari Kemensos dan Kemendes itu, dapat membantu meringankan beban masyarakat ditengah pandemi yang belum berakhir.

Kepala Desa Kalotok sangat senang warganya mendapatkan BLTDes. Ini untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus membangkitkan perekonomian masyarakat.

Sementara pendamping desa lokal Abdul Kadir Salewe pada media ini mrngatakan bahwa, alhamdulillah kita memantau penyaluran BLTDes. Disini di Desa Kalotok ada 111 keluarga penerima manfaat (KPM). Kita juga bersyukur penyaluran bantuan ini bisa berjalan lancar dan baik,” ungkapnya pada media ini.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Praka Sunarto, Satgas TMMD dari Batalyon Armed 18 Jembayan, melatih beladiri karatedo anak-anak Kampung Long Hubung

Saya harapkan dengan penyaluran BLTDes ini, “bisa menurunkan angka kemiskinan di Desa Kalotok. Berikutnya, ini membawa manfaat untuk perbaikan gizi dan perbaikan perekonomian, sehingga masyarakat bisa bertahan dengan baik di masa pandemi ini,” lanjutnya.

“Harus sama-sama kita ketahui, bantuan BLTDes ini ditujukan untuk perbaikan gizi. Maka dari itu, tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang lain. Jadi hanya boleh untuk beli beras, ayam, dan disimpan untuk perbaikan gizi anak-anaknya maupun keluarga,” imbuh Abdul Kadir Salewe menyampaikan pesannya.

Untuk diketahui hadir dalam pembagian BLTDes yakni, Bhabinkamtibmas Brioka Muh Amran dan Babinsa Serma Abdi Lalo.(yustus)