DPC PDI-Perjuangan Lamsel, Sulang Kopi Tanah Air Untuk Pecahan Rekor Muri

INFODESA136 Dilihat

INFODESANEWS — Secara Virtual Zoom Meeting dari Kediaman pribadinya di Desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengikuti Kegiatan Festival Kopi Tanah Air 2022,

Kegiatan Festival Kopi Tanah Air yang dipusatkan di Parkir Timur Selatan Senayan Kompleks Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat yang berlangsung secara Hybrid bakal berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 27 sampai dengan 29 Mei 2022.

Menurut Ketua Penitia penyelenggara Festival Kopi Tanah Air, Ono Surono festival Kopi Tanah Air ini merupakan rangkaian kegiatan HUT PDI-Perjuangan yang Ke-49 tahun dengan tema “Kebangkitan Nasionalisme Indonesia”.

“Sekaligus menindak lanjuti Surat Edaran DPP PDI-Perjuangan nomor : 3999/IN/DPP/IV/2022 mengenai Uji Coba Cita Rasa Kopi Tanah Air dan Sulang Kopi Massal Untuk Memecahkan Rekor Muri Secara Hybrid dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 PDI-Perjuangan.”ujar Ketua DPD PDI-Perjuangan Jawa Barat itu.

Dikatakan sebelumnya Festival kopi tanah air ini sudah dimulai dengan kegiatan dialog Kopi Tanah Air pada tanggal 17 Januari 2022 lalu.

“Secara hybrid, kegiatan dialog Kopi Tanah Air itu melibatkan narasumber dari para menteri petani dan produsen kopi serta founder brand kopi lokal. Ternyata antusiasme peserta sangat besar dengan materi diskusi yang menarik, bicara tentang kopi dari hulu sampai hilir.

“Bicara kopi dari Aceh sampai Papua, biangas sampai pulau Rote. Termasuk bagaimana kopi ini menjadi komoditas pangan yang dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19,” Ketua Panitia Pelaksana Festival Kopi Tanah Air itu.

“Kegiatan festival kopi tanah air Kebangkitan Nasionalisme Indonesia itu juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dengan uji cita rasa dan sulang kopi secara hybrid dengan jumlah peserta terbanyak yang insyaallah akan mencetak rekor muri.” kata dia.

Dari informasi yang diterima Redaksi infodesanews.com, Turut hadir Ketua DPR-RI sekaligus Ketua DPP Bidang Politik PDI-Perjuangan, Puan Maharani

Dalam kesempatanya Puan mengatakan Kopi merupakan karya anak bangsa, kopi itu adalah Indonesia, kopi itu adalah anak muda jadi kegiatan ini untuk membangkitkan momen bagaimana mengambil potensi pasar.

“Ada 29 provinsi yang ikut berpartisipasi di sini. Saya tanya kok cuman 29 yang sisanya ke mana?.” tanya Putri Megawati Soekarnoputri itu.

“Ternyata masih ada Provinsi yang belum punya biji kopi khas dari wilayahnya. Tapi intinya adalah ini kebangkitan budaya, kebangkitan cara hidup, kebangkitan bagaimana kita juga ikut mempromosikan menikmati juga merasakan dan tentu saja membantu UMKM dan petani kopi,” ungkap Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan itu.

Dikesempatan yang sama Ia juga menyampaikan bahwa, 96% di Indonesia itu adalah petani kopi dan mulai hari ini harus didorong untuk peremajaan supaya biji kopi yang dihasilkan lebih nikmat dan aromanya lebih wangi.

Puan juga berharap dengan kegiatan Festival Kopi Tanah Air ini dapat menjadi partisipasi PDI-Perjuangan dan bersama-sama seluruh anak bangsa Indonesia untuk mendukung petani dan kopi Indonesia, untuk Indonesia lebih baik, maju, hebat serta Indonesia yang raya.

“Saya dan Ibu Mega sekarang itu kalau ada tamu-tamu negara selalu memberikan suvenir berupa Kopi yang ada merek Indonesia, nah nanti di depan tentu saja saya berharap kita semua bisa seperti itu memberikan suvenir kopi untuk teman, keluarga apalagi kalau ada tamu-tamu,” pungkasnya. (Red)