DKP Kabupaten Blora Melaksanakan Bimbingan tehnik Pengelolaan Kearsipan Aparatur Desa / Kecamatan

INFODESA89 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Pemerintah kabupaten  Blora di bawah dinas perpustakaan dan kearsipan melaksanakan kegiatan penyuluhan / sosialisasi kearsipan, Senin, 22/4/2019.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari ( 22 April – 25 April ) mendorong pemrintahan desa menuju ke arah pemerintahan desa yang efektif sistem pengelolaan arsip desa yang baik dan tepat.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Gundala Wijasena melalui Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora Drs Karsimin berharap agar para peserta mengikuti acara sampai dengan selesai sehingga dapat menyerap  dan menerapkan ilmu / pengetahuan yang diperoleh di masing-masing desa sehingga pengelolaan arsip desa menjadi lebih tertib dan teratur.

“Sosialisasi Kearsipan diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan bekal pengetahuan tentang kearsipan pemerintah desa sehingga pengelolaan arsip desa sehingga dapat difungsikan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam melayani / memenuhi kepentingan masyarakat desa,” ungkapnya.

Senada dengan itu Kabid Kearsipan Drs. Khoirur Roziqin, MSi. megungkapkan sosialisasi / penyuluhan Bagi para aparatur desa  ini, yang semula belum mengetahui tata persuratan,  proses / alur surat masuk dan surat keluar, surat-surat tidak didisposisi, menjadi lebih memahami dan menerapkannya.

“ Pengelolaan arsip merupakan  pekerjaan yang harus melalui suatu proses dalam kegiatan nyata sehari-hari / kinerja riil, sehingga untuk membangun kesadaran terhadap pentingnya arsip memang tidak mudah akan tetapi membutuhkan kesabaran dalam penyuluhan, sosialisasi, pelatihan khusus terhadap petugas arsip, “ ujarnya.

“ Monitoring yang kontinyu, penghargaan yang layak bagi tenaga pengelola arsip, dan ketersediaan anggaran kearsipan serta sarana prasarananya akan mampu dorongan tersendiri para pengelola kearsipan di desa,” pugkasnya.