oleh

Ditengah Pandemi Covid-19, Koperasi HJS Siringjaha, Terus Dongkrak Perekonomian Masyarakat Kecil

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Keberadaan koperasi Harapan Jaya Sentosa (HJS) di Desa Siringjaha, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, sangat dirasakan dan membantu bagi usaha kecil masyarakat sekitar.

Meskipun di tahun kedelapan keberadaannya terjadi penurunan pendapatan hanya mencapai Rp.57.246.704 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut diketahui dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) tahun buku 2021 Koperasi (HJS) yang dipusatkan di Kantor Koperasi setempat , Kamis (13/1/2022)

Koperasi HJS yang bergerak di bidang simpan pinjam dan kredit barang elektronik meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Koperasi Harapan Jaya sentosa, Euis Ikeu mengatakan sebanyak 135 orang anggota yang saat ini masih aktif
Sedangkan 43 orang anggota kategori tidak aktif lagi.

“Turunnya pendapatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya akibat dampak pandemi Covid-19 yang berimbas lesunya daya beli masyarakat.”kata dia.

BACA JUGA  Nanang Ermanto, Minta ASN Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

Pelaku usaha kecil masyarakat yang merupakan anggota koperasi HJS sangat bergantung dengan kondisi sektor pariwisata yang terpuruk sejak dua tahun lalu.

“Rencananya, untuk meningkatkan pendapatan, Koperasi HJS yang terletak di Desa Siringjaha, akan membuka unit usaha baru yakni menjual bahan bangunan. Semoga pengembangan usaha ini bisa berjalan sesuai harapan semua anggota,” ujarnya

Dijelaskan akibat turunnya daya beli masyarakat, berdampak pada anggota koperasi tidak ajukan pinjaman yang mengakibatkan uang mengendap atau tidak berputar, karena kondisi pandemi Covid-19.

“Secara keseluruhan dampak Covid-19 menjadikan ekonomi lesu,” kata Badan Pengawas Koperasi HJS, Muksin HS.

Sampai saat ini, koperasi HJS yang merupakan binaan Koperasi SJJM masih raup laba bersih dan anggota mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU).
“Ini merupakan koperasi binaan kami yang masih berjalan sampai kini,” kata Ketua Koperasi SJJM itu. (Red)