Disdukcapil Bumi Lamaranginang Lakukan Perekaman e-KTP di Kecamatan Pegunungan Terpencil Rampi

INFODESA96 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang(Luwu Utara, red), Sulawesi-Selatan(Sulsel) melakukan perekaman KTP elektronik di kecamatan pegunungan terpencil Rampi.

Bertempat di Kantor Kecamatan Rampi yang berkedudukan di Desa Onondowa, dan ada enam Desa di Kecamatan Rampi yakni, Desa Leboni, Sulaku, Onondowa, Dodolo, Bangko dan Desa Tedeboe.

Langkah itu dilakukan untuk percepatan perekaman KTP serta membantu penduduk yang tinggal jauh dari ibu kota kabupaten terutama di desa terpencil.

Sebelumnya warga yang hendak membuat KTP harus datang ke kantor Kependudukan dan Catatan Sipil di ibukota Luwu Utara yakni kota Masamba. Dengan adanya kebijakan tersebut warga tidak perlu jauh-jauh pergi membuang ongkos sekitar satu juta rupiah lebih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Luwu Utara, Mas’ud Masse, Jumat(1/10) mengatakan, kecamatan yang didatangi petugas perekaman lantaran jaraknya jauh dari ibu kota kabupaten melalui jalan hutan belantara Rampi ataupun naik pesawat.

Makanya petugas yang berinisiatif datang menemui warga untuk melakukan perekaman.

“Petugas mendatangi kecamatan Rampi untuk perekaman KTP karena masyarakat yang tinggal di daerah tersebut cukup jauh dari ibu kota kabupaten,” kata Kadis Dukcapil Lutra.

Menurutnya, setelah petugasnya turun melakukan perekaman di kecamatan Rampi masih banyak penduduk yang belum melakukan perekaman KTP di enam desa tersebut yakni Desa Leboni, Sulaku, Onondowa, Dodolo, Bangko dan Desa Tedeboe.

Ia menargetkan dalam waktu dekat dapat segera tuntas.

” Sementara Camat Rampi Suryadi Djaffar menuturkan masih banyak warga Rampi belum melakukan perekaman karena Desa ke Desa lain berjauhan melewati hutan dan sabana luas,” ucapnya.(yustus)