Dindagkop dan UKM Blora Fasilitasi Pembentukan Distribution Center Koperasi

INFODESA64 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Sejumlah Koperasi di Kabupaten Blora berencana membentuk pusat distribusi (Distribution Center) untuk mempermudah suplai produk dalam upaya peningkatan kapabilitas koperasi dalam menuju koperasi sekunder, dengan menggandeng pusat distribusi konten lokal yang di miliki kabupaten Blora.

Hal itu di ungkapkan Kasi Koprasi Suparji di sela –  sela pertemuan sejumlah badan Koperasi di kabupaten Blora yang melakukan penyamaan visi – misi untuk menuju koperasi sekunder di lantai dua kantor Dinas pergangan koperasi Usaha Kecil dan menengah Kabupaten Blora, Kamis,02/07/2020.

” ini merupakan upaya mencari bentuk koperasi lebih baik untuk mencari bentuk koperasi yang baik dan sehat dalam upaya mensejahtrakan anggota koperasi, dengan melibatkan konten lokal untuk meningkatkan peran koperasi di kabupaten Blora,” ungkapnya.

Senada dengan itu Kabag Koperasi Drs. Edy Suprapto, M.Si menyambut baik rencana sejumlah koperasi utuk membentuk  Distribusi Center Koperasi Blora. bagian dari strategi pengembangan usaha dan diversifikasi usaha melalui kerja sama jaringan dan kemitraan usaha dengan para anggota koperasi. Dimana akan memperkuat modal Koperasi ritail di Blora.

” Terkait strategi bisnis kedepannya dia berharap untuk bisnis ritel bisa terus bertumbuh,” ungkapnya

” Dengan adanya  Distribution Centre, selain bisa memangkas rantai distribusi, juga bisa membuat koperasi ritel menjadi lebih efisien,” imbuhnya lagi.

Lebih di Jelaskan kembali Winarno salah searang pengkoperasian dari cepu mengungkapkan pentingnya mempunyai jaringan yang tergabung dalam Distribution Center.

” Kualitasnya juga dijamin bagus, lebih aman dalam pendistribusian, ongkosn trannsportasi dapat di potong lebih murah dan waktu dalam mendapatkan barang tidak terlalu lama sehingga rantai perputaran barang juga akan semakanin cepat, sehingga perputaran ekonomi juga akan semakain cepat pula,” papar Winarno.

Berikut ini beberapa keuntungan yang kita dapatkan jika tergabung dalam Distribution Center.

  1. Biaya produksi tidak menjadi beban koperasi karena produk sudah disediakan produsen. Ini artinya, resiko kerugian semakin kecil karena investasi yang kecil.
  2. Margin alias profit yang Anda dapatkan tergolong kecil karena yang diandalkan dari bisnis ini adalah besaran distribusi produk Koperasi sebarkan melalui jaringan distribusi koperasi anggota.
  3. Koperasi tidak perlu pusing soal kadaluarsa-nya sebuah produk karena soalnya pihak perusahaan yang akan mengurus soal itu.
  4. Rantai distribusi tidak perlu pusing akansemakin mudah langsung di pesan pihak Koperasi itu sendiri.

“Derngan jaringan distribusi yang merata, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi, sehingga koperasi di Blora akan memikiki daya saing terhadap retail – tetail lainnya,” pungkasnya. ***Red