Dindagkop & UKM Blora Laksanakan Uji Kompetensi Pelaku Koperasi Simpan Pinjam

INFODESA113 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Blora Sarmidi, SP, MM yang di wakili Sekretaris Dindagkop dan UKM Kabupaten Blora Ir. Supoyo membuka palatihan uji kompetensi pelaku koperasi baik meneger dan kepala cabang di Blora dalam upaya meningkatkan profesional pelaku Koperasi simpan pinjam di kabupaten Blora, Kamis. 15/10/2020.

Dengan menggandeng Lembaga Sertifkasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK) Jakarta yang merupakan lembaga sertifikasi independen bertugasnya melaksanakan sertifikasi kompetensi serta menerbitkan sertifikat kompetensi  bagi pengelola Koperasi Simpan Pinjam/Usaha Simpan Pinjam, berharap pelaksanaan akan berlangsung sukses.

Pada kesempatan itu Ketua panitia penyelenggara sekaligus Kepala Bidang Koperasi dan UKM Drs. Edy Suprapto, M.Si dalam laporannya yang langsung di bacakan mengungkapkan pentingnya Uji kompetensi bagi menager dan kepala cabang KSP agar mampu menjadikan koperasi menjadi daya saing yang tinggi.

 “ Dengan uji kompetensi tersebut para calon meneger dan kepala cabang mendapatkan pengetahuan agar mampu mengelola simpan pinjam koperasi bagaimana seharusnya koperasi dijalankan. Selain itu, juga sebagai standarisasi kecakapan dalam mengelola koperasi ,” ujarnya.

“Kami berharap para menager dan kepala cabang, dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga saat melaksanakan uji kompetensi dapat melaksanakan uji kompetensi dan mendapatak sertifikat,”pungkasnya.

Lebih lanjut pada kesempatan itu pula tim LSP-KJK dalam hal ini Setyo Heriyanto mengungkapkan pentingnya para meneger dan kepala cabang untuk mengikut uji kompetensi tersebut.

“ Merupakan kegiatan yang strategis jangka panjang, karena dengan mengikuti uji kompetensi ini dalam jangka panjang akan mampu meningkatkan koperasi itu sendiri, yang mana peningkatan koperasi itu di mulai menager dan kepala cabang,” ujarnya.

“ Kompetensi sdm harus terus ditingkatkan, dilanjutkan dan dievaluasi agar mampu miningkatkan kwalitas koperasi,”tegasnya.

Lebih di tehaskan kembali Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Blora Sarmidi, SP, MM yang di wakili Sekretaris Dindagkop dan UKM Kabupaten Blora Ir. Supoyo mengharapkan dengan melibatkan lebih dari 47 menager dan kepala cabang di harapkan mengiuti uji kompetensi, sehingga nantinya dapat mengelola koperasi dengan baik sesuai kaidah – kaidah koperasi yang baik.

” setelah menager dan kepala cabang menikuti uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat diharapkan menjadi menagar dan kepala cabang profesianal, sehingga dapat mengelola koperasi mereka sesuai pengetahuan yang di dapatkan dalam pelatihan,” pungkasnya. ***Red

Berita Terkait

Baca Juga