Dinas PMD Blora Mengenalkan Posyantek berbasis TTG di Gebyar Ramadhan 

INFODESA80 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Blora mengenalkan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) yang bermanfaat sebagai komponen dalam pembangunan Desa.

Kepala Dinas PMD Blora, Yayuk Windarti menyampaikan, mengenalkan kepada masyarakat tentang posyantek jadi posyantek itu adalah salah satu bagian dari pemberdayaan masyarakat yang diampu oleh PMD jadi biar masyarakat tahu posyantek itu sebenarnya apa.

“Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) yaitu teknologi yang murah, menjawab masalah yang ada di masyarakat dan memang di inginkan masyarakat,” ucapnya usai acara gebyar Ramadhan di Alun-alun, Kamis (28/3/2024)

Yayuk Menambahkan, teknologinya itu tidak teknologi yang muluk-muluk tetapi sederhana yang bisa diaplisiasikan seperti Ecoprint, pemanfaatan limbah ada nilai jualnya kalau sudah jadi diharapkan seperti itu.

“Posyantek sendiri seluruh desa di Kabupaten ada sekitar 91 dan anggarannya melalui APBDes,” terangnya.

Lanjutnya, memang posyantek sendiri dikelola oleh anak muda, lebih banyak ibu-ibu jadi ada semangatnya karena bila bapak-bapak yang mengelola kemungkinan tidak bisa jalan, karena disitu dibutuhkan inovasi-inovasi semuanya.

“Desa-desa harus memanfaatkan wadah itu untuk berinovasi lewat pada itulah sebenarnya masyarakat bisa berinovasi,” ungkapnya .

Lebih lanjut, inovasi tidak harus dalam kata inovasi yang muluk-muluk menemukan sesuatu atau seperti mereplikasi sesuatu yang baik itu aja sudah bagian menurut di PMD itu sudah bagian dari inovasi.

Berita Terkait

Baca Juga