BLORA, INFODESANEWS | Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Blora dalam upaya memberdayakan masyarakat melalui Usaha Mikro menyelenggarakan kegiatan pelatihan olahan makanan, Senin 18/01/2021.

Bertempat di balai desa Sambongrejo, kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs Edy Suprapto,  Sri Raharjo, SE, MM. Kasi Usaha Kecil Menengah, Siswadi Kepala Desa Sambongrejo, dan sejumlah peserta pelatihan.

Dalam kesempatan itu, Drs, Edy Suprapto, mengungkap tujuan diadakan pelatihan ini untuk meningkatkan potensi SDM agar memilik kemampuan memproduksi olahan makanan sehingga bisa mengembangkan usahanya dan bagi yang belum mempunyai usaha bisa sebagai langkah awal dalam membuka usaha.

“Sangat setrategis dan berpotensi sehingga memberdayakan Usaha Mikro desa desa Sambongrejo, kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora , mempunyai wiata waduk sehingga dapat dikembangkan usaha usaha produktif hingga dapat mensupord Waduk Greneng dan Sambongrejo itu sendiri,” tambah Edy Suprapto.

Lebih lanjut Edy Suprapto menambahkan pelatihan ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan karena kegiatan ini jangan berhenti tapi peserta bisa mengembangkannya secara mandiri, tidak hanya menunggu uluran pemerintah.

Senada dengan itu Siswadi, Kades Sambongrejo, mengungkapkan pelatihan ini merupakan kegiatan untuk pengembangan Sambongrejo sebagai desa penyangga obyek wisata waduk Greneng, diharapkan bisa menjadi pusat oleh oleh untuk wisatawan yang berkunjung kewaduk Greneng.

“Ini salah satu usaha untuk mendukung program pusat oleh oleh, tahun ini rencananya dibangun ruko di sebelah balai desa , dan dapat dipergunakan wadah memasarkan produk olahan sambongrejo,” ujarnya.

Lebih lanjut Siswadi menerangkan, kita sounding ke pemerintahan provinsi dalam hal ini biro Kesra serta  kalangan perguruan tinggi seperti Undip, Unnes dll. Konsep dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM dan pemasaran dibantu oleh Biro Kesra Provinsi Jateng.

“Kita juga sedang mengembangkan hasil buah buahaan yaitu pohon pisang raja dan jenis buah yang lain kita dapat bantuan bibit dari LHK Provinsi, ini akan kita kembangkan agar menjadi produk turunan agar ada niali tambah,” terang Siswadi.

“ Dari potensi yang ada desa Sambongrejo bisa di kembangkan menjadi desa  Wisata Edukasi,” pungkas Siswadi.***Wahyu/Red.