Dinas Kominfo Lamsel Menggelar Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Pengisian Metadata Statistik Sektoral

INFODESA184 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Data statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Atas latar belakang tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Pengisian Metadata Statistik Sektoral di lingkungan Pemkab setempat.

Kegiatan yang dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemkab Lampung Selatan, Anton Carmana, serta dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah digelar di Aula Negeri Baru Resort, Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (7/8/2024).

Sementara, kegiatan itu menghadirkan tiga orang narasumber yakni, Wiradikara selaku Fungsional Statistisi Ahli Muda Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Rudy Ramadani Syoer selaku Statistisi Madya BPS Kabupaten Lampung Selatan, dan Edi Sudrajad dari Bappeda setempat.

Kepala Bidang Statistik dan Data Elektronik Dinas Kominfo Lampung Selatan, Yofi Oktarini menjelaskan, tujuan diselenggarakannya pembinaan dan sosialiasi tersebut adalah untuk meningkatkan literasi serta pemahaman perangkat daerah tentang penyelenggaraan statistik sektoral, serta metadata statistik sektoral.

“Maksud dari Pembinaan Statistik Sektoral ini adalah untuk mewujudkan kualitas data statistik sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Yofi Oktarini mewakili Kepala Dinas Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah, dalam laporannya.

Yofi Oktarini menambahkan, kegiatan Pembinaan dan Sosialiasi Statistik Sektoral tersebut menyasar seluruh perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

“Jumlah peserta sebanyak 45 orang yang terdiri dari masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan,” kata Yofi Oktarini.

Sementara itu, menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Anton Carmana menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Kominfo yang telah menginisiasi terselenggaranya pembinaan tersebut.

“Harapannya saudara-saudara mampu menyosialisasikan fungsi statistik sektoral, meningkatkan kompetensi dan kapabilitas admin data statistik sektoral untuk mewujudkan Satu Data Indonesia, serta mempermudah akses data sektoral yang berkualitas kepada masyarakat,” kata Anton.

Lebih lanjut Anton menyampaikan, data yang akurat dan disajikan dengan benar sangat bermanfaat dalam perencanaan, serta pembangunan suatu daerah.

Menurutnya, Satu Data Indonesia dapat terwujud di Kabupaten Lampung Selatan apabila seluruh penyelenggara data terkait dapat bekerjasama, berkolaborasi, dan bersinergi sesuai fungsinya untuk menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas.

“Mudah-mudahan melalui pembinaan dan sosialisasi ini, data sektoral yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan lebih akurat, serta mudah diakses,” kata Anton Carmana. (rilis)