Digraduasi 4 KPM Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro

INFODESA154 Dilihat

(ft Ilustrsi goggle)

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebanyak 4 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. telah digraduasi oleh dinas Sosial setempat.

Artinya mereka tidak lagi mendapatkan bantuan dari Progran tersebut. karena perekonomian mereka dianggap sudah meningkat.

Pendamping Kecamatan setempat, Lasmi, mengatakan sejumlah KPM yang Digraduasi berasal dari Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro. terhitung sejak di kluarkan pernyataan dan di tanda tanganiya tertanggal 29 Juli 2019.

“Jumlah KPM yang Digraduasi memang masih jauh dari total KPM yang tercatat,
Namun, kami terus berupaya memotivasi mereka agar mandiri, sehingga akhirnya bisa digraduasi alias tidak bergantung lagi pada bantuan PKH,” kata dia Senin (29/7/2019)

Menurut Lasmi sejumlah KPM yang Digraduasi tersebut di antaranya. Setiawati Dusun Taman Sari Rt. 03. Made Susanti Dusun Kumala Sari, Rt 01. Made Sulendri, Dusun Seragi Asri Rt 02 dan Riyati Dusun Jati Sari Rt 04.

“Dari empat KPM tersebut, Saat ini, mereka sudah mandiri dengan menjalani usaha kecil dan menengah.”ujar Lasmi.

Setelah digraduasi, para KPM tersebut akan diajukan kepada Kementerian Sosial untuk dicoret dari daftar penerima PKH. “Namun setelah dicoret, kami tidak bisa serta merta mengalihkan bantuan itu untuk yang lain. Sebab, itu kewenangan pusat.”imbuhnya

Sementara itu Kepala Desa Trimomukti dalam hal ini di wakili Sekertaris Desa Setempat, Jangin mengatakan sangat mengapresiasi dengan tindakan warganya yang dengan kesadaranya telah Digraduasi.

“Mudah-mudahan hal tersebut dapat jadi contoh dan memotivasi yang lain, yang memang sudah merasa mampu dan tidak layak untuk mendapatkan bantuan.”kata dia. (Bambang)