Desa Waru Tidak ada Bidan, Pos Kesehatan Desa Terbengkalai

INFODESA155 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS.COM – Disaat – saat Ganjar Pranowo Gubernur Jateng gencar soasialisasi” Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG)” Selamatkan Ibu dan Anak yang di motori bidan desa,  masyarakat desa Waru, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora sangat diresahkan karena bidan  desa sehingga saat ini  tidak ada didesa setempat,Kamis (18/10/2018).

Pantauan Infodesanews saat berkunjung ke desa Waru bertemu dengan kepala desa Waru, Wardi mengungkapkan  bahwa desa sangat membutuhkan bidan karena desa Waru jauh dari Puskesmas.

“ Desa kami sangat membutuhkan Bidan, namun sampai detik ini bidan tak kunjung bertempat di desa kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi Wardi menuturkan bahwa kekosongan bidan di desanya sudah berlangsung lama, kehadiran bidan di desanya sudah di harapkan warga untuk membantu masalah kesehatan warganya.

” Ketika ada masyarakat yang mau melahirkan kami sangat kesulitan untuk segera mendapatkan penanganan persalinan, apalagi jarak tempuh yang jauh serta medan yang berbukit, untuk mencapai Puskesmas terdekat” ujarnya.

Fasilitas tempat Pos Kesehatan Desa ( PKD ) desa Waru sudah ada dan pengajuan bidan untuk ditempatkan didesa Waru juga sudah pernah dilakukan oleh Kades Waru. Akan tetapi sampai sekarang belum ada tanggapan dari dinas terkait.

“Sudah 3 tahun desa Waru tidak ada bidan sehingga membuat kami kesulitan dan kami juga pernah mengajukan ke pemerintah bahwa desa kami membutuhkan bidan namun dari pemerintah belum ada respon.” Ujar Wardi.

Senada dengan itu, salah satu tokoh masyarakat Totok Iswanto menambahkan , keberadaan bidan sangat di butuhkan, karena Totok berharap dinas terkait segera merelisasikan bidan agar dapat melayani warga desa Waru

 “ Harapan kami dan warga agar Bidan nantinya bisa menetap di desa, sehingga jika ada warga yang minta pertolongan, dapat tertangani dengan segera” harapnya.

Desa Waru terdiri dari  4 padukuhan yakni Waru, Jamur Polo, Beran dan Kali Biting dengan jumlah penduduk 1300 jiwa. Desa Waru kecamatan Jepon kabupaten Blora merupakan wilayah yang terletak di perbatasan antara kabupaten Blora dengan kabupaten Rembang , lebih tepatnya terletak di ujung utara kabupaten Blora.(Andi)