Desa Sidoasri Gelar Rembuk Stunting

INFODESA341 Dilihat

LAMPUNG SELATAN,INFODESANEWS –Pemerintah Desa Sidoasri Kecamatan Candipuro melakukan kegiatan Rembuk Stunting Desa Sidoasri mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul menuju Indonesia maju Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at, tanggal 26/5/2023 bertempat di Aula gedung olah raga Desa Sidoasri Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir Dalam acara Stunting Desa Sidoasri tahun 2023 Kepala Desa Sidoasri Bapak Samsul Hs,spd, Ka Upt PLKB Kecamatan Candipuro bapak Sumani, babinkamtibmas Desa Sidoasri Aiptu .M Noor Badrudin,ketua BPD Desa Sidoasri bapak Amuhasin, KUPT puskesmas Candipuro yang di wakili oleh ibu T Win Pramudya, Bidan Desa sinar Palembang ibu yuni,pengurus posyandu/ kader kesehatan Sidoasri,Ketua korcam pendamping Desa Sidoasri bapak Rozi, serta aparatur Desa Sidoasri.

Kepala Desa Sidoasri Samsul Hs,Spd mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Sidoasri secara bersama mewujudkan Desa Nol  kasus stuting.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Komisi III DPRD Lamsel Bersam Disdik Gelar Rapat Pembahasan RKA 2024

“Ini perlu peran serta semua unsur masyarakat Desa Sidoasri.”kata dia dalam sambutannya.

Kegiatan sosialisasi Publikasi stunting tersebut sangat diperlukan bagi warga Desa Sidoasri agar warga dapat mengetahui tentang stunting sehingga dapat mencegahnya. Stunting merupakan gangguan pertumbuhan kronis pada anak balita (bawah lima tahun) akibat kekurangan asupan nutrisi atau malnutrisi dalam waktu cukup lama. Penyebabnya adalah makanan yang ia konsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai usia si anak, Pada umumnya, stunting terjadi pada balita, khususnya usia 1-3 tahun. Pada rentang usia tersebut, Ibu sudah bisa melihat apakah si anak terkena stunting atau tidak. Meski baru dikenali setelah lahir, ternyata stunting bisa berlangsung sejak si anak masih berada dalam kandungan.

“Salah satu dampak stunting yang bisa dilihat adalah tinggi dan berat badan anak jauh di bawah rata-rata anak seusianya. Selain itu, stunting juga bisa membuat anak mudah sakit, punya postur tubuh kecil ketika dewasa, dan menyebabkan kematian pada usia dini. Stunting juga bisa memengaruhi kecerdasan anak. Anak kemungkinan akan sulit belajar dan menyerap informasi, baik secara akademik maupun non akademik, karena kekurangan nutrisi sejak dini.”ujarnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
13 Desa Terima 54 Kegiatan, Begini Pesan Pj Bupati

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global. Kegiatan Publikasi tersebut sangat baik bagi masyarakat Desa Sidoasri khususnya kader kesehatan desa, PKK, ibu rumah tangga dan Kelompok masyarakat yang ada di Desa Sidoasri karena mendapatkan pengetahuan tentang cara mencegah stunting di dalam suatu keluarga.  penulis (Bambang)