Desa Rawa Selapan Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Dan LPM

INFODESA124 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Program Dana Desa yang bersumber dari APBN kini sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat desa,

Pengunaan Dana Desa tidak hanya dalam bentuk kegiatan fisik saja, tapi juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satunya adalah Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, dengan melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas untuk perangkat desa dan BPD serta LPM Desa yang bertempat di balai desa setempat. Jum,at (23/11)

Acara yang dihadiri oleh Camat Candipuro, Wasidi. SE, PMD Bagian Nasrul Kelembagaan Sosial dan Budaya, Nasrul, Bagian Otda Rudi Akbarata dan Fasilitator Program, serta para peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara, BPD, LPM dan Perangkat Desa lainya,

Kepala Desa Rawa Selapan, Sujarno mengatakan, tujuan pelatihan agar para perangkat desa dan kelembagaan Desa dapat memahami pekerjaan serta dapat menjalankan Tupoksi perangkat Desa.

“Kegiatan ini juga mencakup tata kelola program dana desa untuk aparatur desa  untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa agar ke depan bisa lebih baik dan mandiri sehingga mampu bersaing dengan desa – desa yang lain.”kata dia.

Sementara itu Camat Candipuro, Wasidi. SE. berharap kepada seluruh Desa agar dapat menggelola Dana Desa yang di gelontorkan oleh pemerintah daerah maupun pusat oleh secara terperinci dan laporan yang di peruntukanya, karena itu setiap desa harus malaksanakan pelatihan .

“Karena desa punya kewenangan penuh untuk mengelola Dana Desa, dari Perencanaan, Pelaksanaan hingga pelaporan kegiatan di desa, kewenangannya sepenuhnya diberikan ke desa, “Ini sangat bagus agar sasaran pembangunan lebih terarah.

“Pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa oleh sebab itu desa harus berhati hati dalam pengelolaan dana tersebut.”pungkas wasidi dalam sambutanya saat membuka kegiatan.  (Sg/bmb)

 

Berita Terkait

Baca Juga