Deputi Penindakan KPK Dilaporkan Ke Dewas Terkait Penyelidikan Formula E

NASIONAL, POLITIK407 Dilihat

JAKARTA, INFODESANEWS | Deputi Penindakan KPK Karyoto dan Direktur Penyelidikan Endar Priantoro dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Laporan itu terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E yang sedang dilakukan KPK.

“Ya benar,” ujar anggota Dewas, Syamsuddin Haris, saat dimintai konfirmasi soal pelaporan atas Endar dan Karyoto, Selasa (24/1/2023).

Syamsuddin tak menjelaskan siapa pihak yang menjadi pelapor. Dia juga belum menjelaskan detail apa dugaan pelanggaran yang dilaporkan ke Dewas KPK.

“Sedang dipelajari,” ucapnya.

KPK memang sedang melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan korupsi Formula E Jakarta. Sejumlah saksi telah dipanggil untuk dimintai keterangan. Belum ada tersangka dalam kasus ini.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut pihaknya ekspose atau gelar perkara terkait Formula E telah dilakukan guna menambahkan kecukupan alat bukti perkara ini. Menurutnya, gelar perkara sudah dilakukan berkali-kali.

“(Ekspose) kan sudah berkali-kali. Dan saat ini memang masih dalam proses penyelidikan karena terus melengkapi, terus mencari, petunjuk-petunjuk alat bukti dugaan peristiwa pidananya,” kata Ali Fikri saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Ali juga merespons soal isu paksaan dari Ketua KPK Firli Bahuri untuk menaikkan status kasus ini ke tingkat penyidikan. Dia menjamin kasus dugaan korupsi tak bisa dipaksakan.

“Tidak mungkin dipaksakan. Kalau kemudian tidak ada alat buktinya, ya tidak mungkin dipaksakan tersangkanya,” ujar dia.

Ali menyebut KPK bekerja sesuai dengan prosedur dan punya tanggung jawab. Sebab, pada akhirnya KPK dimintai pertanggungjawabannya dalam perkara ini.

“Karena pada gilirannya akan dipertanggungjawabkan di depan Dewan Pengawas, di depan penuntutan, dan persidangan secara langsung. Kan akan disampaikan di sana terbuka,” tutup Ali.**(amw/haf/Red)

(amw/haf)

Baca artikel detiknews, “Deputi Penindakan KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Penyelidikan Formula E” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6531919/deputi-penindakan-kpk-dilaporkan-ke-dewas-terkait-penyelidikan-formula-e.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Berita Terkait

Baca Juga