Dengan Bank Sampah Meraup Tambahan Ekonomi Keluarga, Ditimbang 2 Kali Seminggu, Komentar Sekretaris DLH Lutra

INFODESA92 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Untuk Meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat sampah dalam meningkatkan nilai ekonomi. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Luwu Utara mengatakan bahwa bank/tempat sampah itu akan bernilai ekonomi.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel) Imran pada media ini, Sabtu(21/9/2019), usai gerakan aksi bersih-bersih dipasar Sentral Masamba.

Menurutnya, sampah basah itu akan terurai ditanah dan menjadi pupuk lagi pada tanaman, dan yang kering dimasukkan di Bank Sampah yang sudah disediakan dan nantinya sampah itu akan bernilai tambahan ekonomi keluarga,” jelas Imran mantan Kabid Perkebunan.

Dinas Lingkungan Hidup bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Lutra Muslim Muchtar, Kepala Dinas(Kadis) Sosial Besse Andi Pabeangi, Sekretaris Dibas Perhubungan Andi Sukri dan Camat Masamba Ari Setiawan, melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pasar sentral Masamba, dengan bahasa kerennya ‘Gold for Work’. Kegiatan tersebut merupakan program padat karya pemerintah.

Kegiatan tersebut juga diadakan untuk diketahui masyarakat bahwa sampah itu membawa dan menjadi berkah untuk tambahan ekonomi keluarga.

Sekadar diketahui bahwa, sampah akan kita timbang dalam seminggu dua kali yakni pada hari Kamis dan Jumat.

“Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial dan BPBD untuk memilah sampah menjadikan berkah buat keluarga.

Imran menjelaskan untuk menukar sampah menjadi uang harus melalui proses terlebih dahulu, yaitu kita akan memilah sampah organik dan non organik, ditimbang, dan dinilai harganya.

“Dengan cara ini lingkungan kita akan menjadi lebih bersih dan tidak hanya itu, ekonomi kita akan meningkat karena memiliki uang dari sampah itu tambahan ekonomi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.”tukasnya.(yustus)