Demokratis…!! Kapolda Gorontalo dan Danrem Cek Pilkades Serentak

NASIONAL21 Dilihat

GORONTALO – Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, S.H, S.I.K, M. Si, tinjau secara langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bone Bolango, Senin (23/01/2023).

Dalam peninjauannya, Kapolda Gorontalo turut didampingi Danrem 133/NWB Brigjen TNI Totok Sulistiyono, S.H, MM, M.IP, Pejabat Utama Polda Gorontalo, dan Kapolres Bone Bolango yang meninjau secara langsung 4 lokasi TPS yakni di Desa Talango Kecamatan Kabila, Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila, Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa dan Desa Alale Kecamatan Suwawa Tengah.

Kapolda Helmy Santika melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menjelaskan bahwa peninjauan yang dilakukan  tersebut untuk memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar secara serentak di Kabupaten Bone Bolango berjalan lancar, aman dan demokratis.

BACA JUGA  Ustadz Abu Bakar Ba'asyir Marah, Kecam Keras Pembakaran Al Quran di Swedia !

“Kehadiran kami guna memastikan pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan kondusif sehingga gambaran pesta demokrasi yang nyata itu benar-benar dapat terasa oleh masyarakat,” ujarnya.

Tampak juga dalam peninjauan, masyarakat berpartisipasi memberikan hak suaranya, untuk menentukan kepala desa demi kemajuan desa 6 tahun kedepan. Olehnya Bapak Kapolda mengharapkan masyarakat mendukung suksesnya Pilkades serentak, siapapun yang menang bisa diterima semua pihak, mulai dari penetapan hingga pelantikan nantinya.

Disela-sela kegiatan, petugas dari TNI-Polri, Pol PP dan Linmas yang melaksanakan tugas pengamanan juga kerap berdialog dengan bapak Kapolda terkait perkembangan situasi terkini secara mendetail guna melihat apakah terdapat potensi kerawanan ataupun gangguan kamtibmas di wilayah sekitar.

“Hingga sore tadi, laporan yang diterima dari anggota di Polres dan jajaran yang melakukan pengamanan terbilang aman terkendali, namun kita akan terus melakukan pemantauan secara berkelanjutan. Dimana bila terdapat adanya gangguan kamtibmas bisa langsung kita lakukan langkah antisipasi guna terjaminnya kondusifitas Kamtibmas,” katanya.

BACA JUGA  Sosialisasi Pembentukan Pos UKK, Babinsa Loa Duri Ulu Sebut Akses Pelayanan Kesehatan Kerja Yang Terjangkau

Sebagai informasi, Pilkades di Kabupaten Bone Bolango sendiri, diketahui ada 14 Desa di 10 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades dengan 15 TPS, yang dalam pengamanannya dikerahkan personel Polri sebanyak 150 orang dibantu TNI dan Linmas.

“Untuk kelancaran Pilkades tersebut, bapak Kapolda juga telah memerintahkan beberapa Pejabat Utama untuk memantau langsung sekaligus memberikan asistensi kepada personel yang melaksanakan pengamanan di TPS, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan lancar,” tutup Wahyu.(@Gus kliwir)