Dari Kunjungan Kemenparekraf di Karanganyar; Desa Wisata Sumberbulu Makin Moncer

KARANGANYAR-INFODESANEWS, Keberadaan desa wisata Sumberbulu Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar makin diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, hal itu terbukti dengan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala Deputi Bidang SDM dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, (Minggu, 22/11).

Kunjungan kerja tersebut menindaklanjuti prestasi yang pernah diraih desa wisata Sumberbulu sebagai pengelola desa wisata terbaik tingkat nasional, beberapa tahun lalu.

“Saya membuktikan sendiri bahwa pengelolaan desa wisata Sumberbulu semakin baik. Potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan, bahkan potensi seni tradisinya juga telah dikemas menjadi suguhan yang menarik. Keberlanjutan dari desa wisata ini akan semakin terjaga manakala sinergitas berbagai komponen terjalin. Desa wisata menjadi alternatif utama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” urai Wisnu Brata Tarunajaya.

Rombongan Kementrian Parekraf saat melakukan kunjungan itu disuguhi welcome dance berupa jathilan dan atraksi reog serta musik lesung.

Titin Riyadiningsih, pengelola desa wisata Sumberbulu berbangga dengan kunjungan kerja yang dikabarkan secara mendadak itu. Pemberitahuan diterima hanya dua hari jelang kunjungan. Sehingga harus menyiapkan segalanya secara mendadak. Namun hal itu bukan masalah bagi pengelola karena manajemen desa wisata Sumberbulu memang sudah tertata sejak awal.

“Pengembangan potensi desa wisata menjadi salah satu solusi untuk penanganan ekonomi masyarakat pada masa pandemi dan pasca pandemi nanti. Potensi desa wisata Sumberbulu kedepan akan semakin ditata semaksimal mungkin agar semakin moncer,” demikian menurut Titin Riyadingsih, pengelola desa wisata Sumberbulu.(Kun Prastowo/herky/*)

Berita Terkait

Baca Juga