Dari Barbagai Daerah, Pecinta Ayam Pelung Ikuti Kades Cup 1 Sidowaluyo Bergaung

INFODESA242 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Puluhan Ayam Pelung memamerkan suara indahnya di Kontes Latber Ayam Pelung Kades Cup 1 Sidowaluyo Bergaung. Minggu (29/1/2023)

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Bola Desa setempat itu dibuka langsung oleh Camat Sidomulyo, Erman Suheri. Tampak hadir Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PAN Agus Sartono yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Kepala Desa Sidowaluyo Haroni mengatakan, kegiatan kontes tersebut tentunya untuk menjalin silaturahmi, selain itu juga untuk mengembangbiakan Ayam Pelung.

“Yah yang pertama tentunya menjalin silaturahmi antar pecinta ayam pelung, Kemudian untuk mendukung perekonomian dari pengembangbiakan Ayam Pelung di Desa Sidowaluyo khususnya dan Kecamatan Sidomulyo pada umumnya, sehingga menjadi nilai ekonomis,” kata dia.

Dijelaskan, kegiatan tersebut kali pertama dilakukan. Sekaligus salah satu upaya untuk mengenalkan dan melestarikan ayam pelung yang merupakan hewan asli Cianjur Jawa Barat.

“Ayam pelung ini asli Cianjur, suaranya bagus, enak didenger maka kita sebagai komunitas perlu melestarikan. Contohnya seperti promosi ini, biar masyarakat tahu dan lebih enak untuk memasarkan.”terangnya.

“Yang ikut kontes dari berbagai wilayah diantaranya, Lampung Timur, Lampung Tengah, Bandar Lampung dan ada yang dari Jawa Barat. Kalau untuk penilaian dari suara yang merdu dan lengkingan yang panjang. Suara yang terbaik dan lengkingan panjang itu yang juara,”imbuhnya.

Sementara Peserta Kontes Ayam Pelung, Rudi mengatakan, dirinya hobi dengan Ayam Pelung tersebut sehingga mengikuti kontes ini, selain itu menambah silaturahmi dengan sesama pecinta Ayam Pelung tersebut.

“Saya dari Lampung Tengah, pertama kita silaturahmi kemudian memurnikan kembali Ayam Pelung,

Sementara itu, Camat Sidomulyo Erman Suheri mengapresiasi kegiatan ini. Kontes Ayam pelung tidak hanya menjadi alternatif hobi namun dapat membangun tambang ekonomi masyarakat.

“Saya fikir ini tidak hanya menjadi hobi tapi akan menjadi tambang ekonomi jika kita tekuni. Dari kontes saja yang datang dari berbagai daerah, ini nyambung dengan ekonomi kreatif yang sedang kami dorong”, katanya.

Heri berharap jika kontes ini tidak hanya sekedar ajang gengsi namun, dapat memutar roda ekonomi masyarakat.

“Kalau hanya kontes, maka hanya akan terjebak dalam gengsi. Tetapi, kalau kita kolaborasi maka dahsyat dampaknya, kita akan bicara ekonomi kesejahteraan. Mudah-mudahan organisasi ayam pelung tumbuh besar dan mampu memberi faktor yang luar biasa bagi masyarakat.”pungkas Mantan Sekcam Sidomulyo itu dalam sambutannya. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga