Danrem 091/ASN Kunker Ke Kodim 0913/PPU Sekaligus Cek Kesiapan Kodim Penajam Paser Utara Sambut IKN Nusantara

INFODESA, NASIONAL112 Dilihat

PENAJAM.INFODESANEWS – Danrem 091/ ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH., sambangi Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) Senin (18/4/2022) siang di Penajam, Kabupaten PPU , Provinsi Kalimantan Timur.

Danrem menyampaikan bahwa pertimbangan kunjungan kerjanya memilih wilayah Penajam Paser Utara sebab keberadaan Ibu Kota Negara atau IKN.

“Tujuannya untuk mengetahui kondisi geografi, demografi, dan sosial Kodim PPU kenapa memilih PPU dari sekian kunjungan karena IKN Nusantara  masuk kodim wilayah Penajam Paser Utara,” ungkapnya.

Disinggung mengenai potensi penambahan personel hingga alutsista, ia menyebut hal-hal terkait pembinaan teritorial hingga perencanaan integral. “Semuanya menunggu intruksi dari mabes TNI,” katanya.

Namun, terkait instruksi khusus dengan adanya IKN yang notabene berada di wilayah kerjanya itu. Dia menyebut, sejauh ini masih sekedar pengawalan pembangunan IKN. Sebab disana, tambah dia, juga akan ada pembangunan markas besar TNI nantinya.

Kaitan dengan IKN itu masuk perencanaan integral dari mabes TNI. “Untuk instruksi khusus berkaitan dengan pembangunan IKN terutama markas besar TNI dan Mabes Polri,” paparnya.

 “Mabes TNI rencana membangun markas di IKN. Itu perencanannya terintegrasi dengan perencanaan Kementerian Pertahanan,” ujarnya.

Selain mensupport pembangunan IKN, kata Danrem, personel Kodim 0913/PPU tetap menjalankan beberapa program terkait dengan ketahanan wilayah, yakni ketahanan pangan. Selain itu, TNI juga aktif dalam penanganan covid-19, mendirikan kampung Pancasila, pembinaan teritorial. 

“Program yang dilaksnakan oleh Kodim 0913/PPU cukup banyak. Salah satunya ketahanan pangan. Karena, ketahanan pangan ini bagian dari ketahanan wilayah,” jelasnya.

Kunjungan Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH disambut oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Suryo Nugroho, Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan dan sejumlah pejabat dari instansi vertikal.(Mur)*