Danrem 091/ASN Apresiasi Rencana Kegiatan Peringatan Hari Bakau Sedunia

SAMARINDA.INFODESANEWS – Tanggal 26 Juli adalah Hari Internasional untuk Konservasi Ekosistem Mangrove (International Day for the Conservation ofthe Mangrove Ecosystem). Hal ini mengacu pada diadopsinya proklamasi oleh Konferensi Umum (General Conference) badan PBB untuk pendidikan UNESCO pada 6 November 2015.

UNESCO mempertimbangkan mangrove adalah ekosistem unik, spesial, dan rentan. Kehadiran, biomassa, dan produktivitas mangrove sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Untuk memperingati Hari tersebut Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi S.H, M.H, didampingi Kasrem Kolonel inf Khabib Mahfud,S.Ip, MM, menerima kunjungan Tim Panitia Kegiatan Hari Bakau Sedunia dan Penanaman Rumput Laut, tepatnya di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar.

Hadir dalam rombongan tersebut diantara nya Kasitrantib kecamatan Muara Badak Nursidik, Koordinator perikanan wilayah Kutai Kartanegara Ramlan dan tokoh masyarakat Muara Badak, Hairul di Makorem 091/ASN. Sabtu (16/7/2022).

Danrem 091/ASN ucapan terima kasih atas undangan yang diberikan dan saya akan hadir bersama pejabat Korem 091/ASN lainnya dan saya mengharapkan agar  Babinsa diwilayah tersebut melakukan pendampingan kegiatan tersebut.

“TNI dalam hal ini Korem 091/ASN berkewajiban melakukan pembinaan teritorial. Negara harus dibela oleh rakyat Indonesia karena ancaman hakekatnya tidak bisa berhenti dimana ancaman tersebut bisa berasal dari dalam (manusia atau alam) dan dari luar”, jelasnya.

“TNI adalah tentara rakyat, dalam konteks pertahanan wajib kami bela masyarakat dalam kegiatan apapun yang bersifat positif karena hal tersebut adalah salah satu bentuk pembinaan wilayah/ geodemo”ungkapnya.

Danrem juga memberikan pesan agar tidak membuang sampah sekecil apapun secara sembarangan.

Sedangkan Kasitrantib Kecamatan Muara Badak Nursidik mengatakan “Rencana Kecamatan Muara Badak akan mempunyai hajat acara pada tanggal 26 Juli 2022. Acara kami yaitu penanaman mangrove yang bertepatan dengan memperingati hari mangrove sedunia”.

“Kami mengharap kehadiran Danrem 091/ASN saat kegiatan tersebut, dan mengharap juga bapak Danrem menjadi bapak angkat nelayan di Muara Badak”, pintanya.

Koordinator perikanan wilayah Kukar Ramlan, Merasa terharu bisa bertemu dengan bapak Danrem dan pejabat Korem lainnya.

Di rencanakan di kontak tani nelayan andalan kukar sebagai koordinator perikanan wilayah Kukar. Acara kami tanggal 26 Juli 2022 ada beberapa kegiatan antara lain Penanaman mangrove secara simbolis, Penyerahan bantuan 25 juta bibit benur, Penyerahan Mesin untuk nelayan dan Panen raya rumput laut.

Kegiatan tersebut berada di Desa Salo Palai Muara Badak dan desa Tambak Wisata Mangrove dan akan dihadiri seribu nelayan, Bupati Kutai Kartanegara juga akan hadir.

Banyak potensi di perairan Muara Badak diantaranya rumput laut, saat ini hasil rumput laut dikirim ke Makassar, dan rencana pemkab Kukar akan membangun pabrik pengolahan rumput laut.(Mur)*

Berita Terkait

Baca Juga