Dandim 0913 PPU Dampingi Asops Kasdam VI/Mulawarman Dalam Acara Sosialisasi Perencanaan Pembangunan (Tata Ruang Pertanahan) IKN

INFODESA, NASIONAL68 Dilihat

PENAJAM.INFODESANEWS.COM  – Guna memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan penertiban bangunan yang tidak memiliki perijinan oleh Satgas terpadu.

Pada Rabu (10/5/2023) Dandim 0913 PPU Letkol INF Arfan Affandi menghadiri acara Sosialisasi Perencanaan Pembangunan (Tata Ruang Pertanahan) Lingkungan Hidup dan Isu Sosial Dalam Mendukung Ketenteraman dan Ketertiban , yang bertempat di Aula kantor Kecamatan Sepaku Jln. Negara Km 34 Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kaltim.

Sambutan Dr. Drs. Thomas Umbu Pati TB, M.Si Deputi bidang pengendalian pembangunan OIKN mengatakan,”Kami dari otorita hadir disini bersama sama dengan bapak ibu, akan diskusi bangunan tanpa ijin, bangunan yang tidak memiliki perijinan yang mana sesuai petunjuk pak Presiden semua bangunan harus memiliki perijinan,”ujarnya.

“Tujuan diadakan perijinan adalah melakukan penertiban dalam rangka tata ruang  penataan pembangunan di hadapkan dengan pembangunan IKN sesuai masing masing kawasan, mulai hari ini sudah tidak ada perijinan tambang tambang liar, saya masih melihat dan mendapati laporan dengan adanya tambang tambang liar, nanti kedepan akan ditertibkan oleh tim terpadu.”tegasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Khaul Gus Dur Ke-8, Memeluk Pancasila Mengenang Sang Pluralis

Lanjutnya, kepada pak Camat, pak Lurah, dan pak Kades mulai hari ini bisa memberitahukan kepada masyarakatnya bahwa semua bangunan harus memilik perijinan, dalam penertiban bangunan yang tidak memiliki perijinan mulai dari bangunan liar, galian liar, tambang liar, tim terpadu akan melibatkan Pemda setempat.

“Kemudian.untuk semua perijinan masih menjadi kewenagan Pemkab, dan sampai saat semua proses pengajuan perijinan masih di layanani oleh Pemkab,”tutupnya.

Sementara itu, Kolonel Inf Andreas Nanang Dwi Asops Kasdam VI/Mlw  dalam sambutanya mengatakan,”Kodam VI/Mulawarman dengan berjalannya pembangunan IKN siap bersinergi dengan semua pihak dan bersinergi TNI-POLRI dalam rangka pengamanan Proyek Strategis Nasional Ibukota Negara Nusantara.

“Kodam telah membentuk Orgas Pengamanan IKN dengan jumlah total Personil 350 oang terdiri dari Koops, TNI AD, TNI AL, TNI AU.  Materiil yg tergelar :  Ran OZ,  SPM Trail, KRI Sidat 851, Patkamla Posa, Patkamla Lamaru,”ujarnya.

Masih kata Asops , Saya mewakili Kodam dalam rangka mendukung tugas satgas terpadu apabila saat ini akan berkantor kami silakan untuk memakai Posko Aju Kodam VI/Mlw.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Satgas TMMD Ke- 120 Kodim 0908/Bontang Mulai Kerjakan Pembuatan Sumur Bor

Dandim 0913 PPU Letkol Inf Arfan Affandi mengampaikan, “Sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan penertiban bangunan yang tidak memiliki perijinan oleh satgas terpadu”.

“Diharapkan kepada masyarakat setiap akan membangun untuk mengurus perijinan terlebih dulu ke dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu untuk menjaga ketertiban umum tata ruang kawasan Ibukota Negara Nusantara”, harao Dandim.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh,Deputi bidang pengendalian pembangunan OIKN Dr. Drs. Thomas Umbu Pati TB, M.Si,Direktur lingkungan Hidup OIKN Gedhe Putra,Perwakilan Direktur ketahanan pangan OIKN Lenggono,,Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol. Anggie Yulianto,Kejari Kaltim Rino.

Hadir juga, Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan,Kepala BPN PPU Ade Chandra Wijaya S.T. M.si,Kejari PPU Marcelino, Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu H. Muhlis, Camat Sepaku Waluyo S.Sos, Danramil Sepaku Kapten Inf Andi Supratikno, Kapolsek Sepaku Kasiyono, Korwil Binda PPU Bayu Kusuma, Para Lurah, Kades se-kecamatan Sepaku  dan Para Tomas dan Todat.