Dampak Banjir, Ketua BPD Mintobasuki : Petani Padi dan Tebu Rugi Ratusan Juta

INFODESA102 Dilihat

PATI, INFODESANEWS | Terlihat banyaknya permukiman warga Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. provinsi jawa tengah yang terendam banjir akibat dampak curah hujan.

Ada ratusan rumah warga terdampak banjir sampai detik ini, belum juga surut dan masyarakat banyak mengeluh hampir dua bulan tidak kunjung surut malah bertambah.

Tak hanya itu, ketua BPD Desa Mintobasuki Wiji Sugeng Purwanto saat dikonfirmasi awak media, ia berkata bahwa ada ratusan rumah warga terendam dan malah banjir bukan berkurang tetapi malah naik.

Ada sekitar 167 rumah terdampak dan 211 yang ikut terkena banjir serta alhamdullilah tidak ada korban jiwa alias nihil,” kata Wiji Sugeng Purwanto selaku ketua BPD Desa Mintobasuki, Selasa (28/2/23).

“Lanjut, Ketua BPD Mintobasuki menambahkan ada ratusan hektar sawah terendam banjir dan para petani rugi besar dan sekitar 62 hektar tanaman Padi kerugian mencapai 185 juta serta 13 Hektar lahan tebu rugi 170 juta.

Selain, curah hujan yang tak kujung reda dan luapan air semakin tinggi dari sungai silogonggo, para petani tidak bisa beraktifitas seperti hari-hari biasa.” disinilah, mata pencarian para petani akibat banjir ini terpuruk”, tutur Ketua BPD Mintobasuki.

Untuk ketinggian air dijalan kini mencapai 2260 meter dan pemukiman warga capai 10 sampai 120 cm serta terlihat masyarakat yang terdampak banjir masih bertahan dirumah masing-masing”, tegasnya.(@Gus Kliwir)