Cegah Bullying, SDIT Nur Rohman Slogohimo Gelar Seminar Parenting

WONOGIRI – INFODESANEWS.COM, SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri menyelenggarakan kegiatan seminar parenting yang diikuti oleh seluruh orangtua /wali siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 sejumlah kurang lebih 400 orang, dan 90 siswa beserta 2 Tamu Undangan, Sabtu (23/3/2024). Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh Ustadzah Anjar Ruswardani ,.S.Pd.I selaku pembawa acara. Selanjutnya pembacaan tilawah oleh Ananda Putri Mufida Kelas 4a kemudian Sambutan – sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah Ustadz Widodo, S.HI,S.PdI. Ustadz Widodo menyampaikan tentang pentingnya Budaya positif di SDIT Nurrohman Yaitu Budaya Qur'an, Budaya tertip Wudu dan Sholat lalu budaya ramah dan sopan.

Disampaikan satu fenomena yang akhir akhir ini sering terjadi yaitu maraknya kasus bullying/ perundungan di lingkungan sekolah. Maka SDIT Nur Rohman Slogohimo menyelenggarakan Seminar Parenting anti Bulliying bersama seluruh orangtua / wali dan siswa SDIT NurRohman untuk mencegah dan meminimalisr pelaku Bullying di lingkungan sekolah.

Dalam keaempatan itu hadir Ketua Korwil bidikcam Slogohimo Puji Handayani,S.Pd, M.Pd. Ia menyampaikan bahwa setiap anak harus saling menjaga persahabatan sesama teman tanpa harus saling mengejek, merendahkan atau bahkan menyakiti dan juga beliau menghimbau kepada orangtua/wali siswa untuk membatasi penggunaan Gadget karena informasi yang seluas – luasnya akan didapatkan dari alat komunikasi tersebut baik itu positif maupun negatif.

Seminar parenting kali ini bertema “ STOP Bullying, Setiap Orang Berhak Dihargai, Bully be a Friend” Dengan tujuan untuk menjalin silaturahim antara sekolah dengan orangtua/wali siswa dan masyarakat serta memahami dan mengetahui cara mendidik anak sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah Nabi,  memahami peran orangtua sebagai sahabat bagi anak.

Pada kegiatan seminar parenting ini juga mendatangkan Narasumber dari Polsek dan Koramil Kecamatan Slogohimo, IPTU Marman, S.H selaku Kapolsek Slogohimo dan Serda Awwaludin selaku perwakilan Koramil Slogohimo . Dalam penyampaiannya lebih suka berinteraksi langsung dengan audiens dan menyampaikan pengalaman yang pernah beliau tangani di sekolah – sekolah terkait serta permasalahan yang sering dihadapi oleh orang tua dan masyarakat. Para orangtua / Wali siswa pun sangat antusias dalam merespon permasalahan tindakan bullying yang terjadi dirumah maupun disekolah.

Dalam paparannya IPTU Marman, S.H menyampaikan beberapa materi tentang bullying diantaranya :
1. Pengertian dan jenis bullying
2. Kesalahpahaman tentang bullying
3. Tips untuk guru dan orangtua dalam menangani bullying pada anak.

Dalam sesi tanya jawab, ada salah satu wali siswa yaitu Uyik Suyanto (wali dari Ilyas kelas 6b) yang antusias untuk bertanya tentang masalah yang dihadapi terkait bullying yang terjadi pada anak-anak baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun lingkungan keluarga.

Selain itu disampaikan juga materi oleh Serda Awaludin tentang Undang – undang yang mengatur tentang Bullying di Satuan Pendidikan serta sanksi – sanksi yang diberikan kepada para pelaku Bullying.

Kegiatan seminar parenting kali ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses. Dan di akhir acara tidak lupa semua mengabadikan moment ini dengan berfoto bersama baik dari seluruh orangtua/wali , siswa, para Guru, Tamu Undangan dan kedua Narasumber. (*/redslo)

Berita Terkait

Baca Juga