Bupati Saksikan Penandatanganan Kerjasama Produksi Minyak PT.BPE Dengan Penambang Sumur Ledok

NASIONAL109 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Pada hari Rabu (30/9/2020), Bupati Djoko Nugroho menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Produksi Minyak Bumi pada Sumur Tua di Lapangan Ledok, Kecamatan Sambong antara BUMD PT. Blora Patra Energi (BPE) dengan Perkumpulan Penambang Minyak Sumur Timba Ledok.

Direktur Utama PT BPE, Christian Prasetya menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan permohonan pengelolaan sumur minyak tua di lapangan Ledok oleh PT Blora Patra Energi (BPE) kepada Kementerian ESDM RI. Yang melalui proses panjang sejak 2017, dan pada akhirnya diberikan ijin kepada PT BPE untuk pengelolaannya.

“Berdasarkan ijin tersebut, maka PT BPE berinisiasi untuk mengadakan Perjanjian Kerja Sama Dengan Perkumpulan Penambang Minyak Sumur Timba Ledok di Kantor Perkumpulan Penambang Minyak Sumur Timba Ledok, dan ditandatangani oleh kedua belah pihak,” ucapnya.

Dalam hal pengelolaan sumur minyak tua ini, menurutnya PT BPE juga berhasil meraih penghargaan di bidang produksi minyak terbaik sekaligus penerapan HSSE (Health Safety Security Environment) terbaik dari PT Pertamina.

“Khusus untuk lapangan Ledok ini memiliki 196 titik sumur tua dengan 64 kelompok penambang. Dengan adanya kerja sama ini, maka para penambang akan memperoleh dana bagi hasil sebesar 77% dari penjualan minyak ke PT Pertamina. Selain itu, para penambang juga akan mendapat fasilitas asuransi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Bupati Blora, Djoko Nugroho yang menyaksikan penandatanganan ini berharap agar Lapangan Ledok dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi Kabupaten Blora.

“Semoga hasil perjanjian kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh warga masyarakat Blora, khususnya Desa Ledok,” ujar Djoko Nugroho.

“Lapangan Ledok ini memiliki potensi minyak yang luar biasa. Setiap tahun produksinya terus meningkat. Periode Januari-Agustus 2020 telah menghasilkan lebih dari 6 juta liter. Semoga produksi tahun ini akan lebih tinggi daripada tahun 2019 yang lalu sebanyak 9 juta liter lebih,” harap Djoko Nugroho.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Sambong, Kabag Perekonomian, dan Ketua KPRI Karya Sejahtera. Direncanakan, setelah perjanjian kerja sama ini, PT BPE juga akan melakukan Perjanjian Kerja Sama Dengan Perkumpulan Penambang Minyak Sumur Tua di Lapangan Semanggi. (Tim Liputan Prokompim Setda Blora).

Berita Terkait

Baca Juga