SULSEL, INFODESANEWS — Pasca bencana puting beliung yang menerjang tiga desa di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Senin (15/2/2021) lalu, Bupati Luwu Dr. Basmin Mattayang, mengujungi warga yang terdampak bencana di lokasi itu di desa Salupao, Senin (22/02/21).

Dalam kunjungannya, Bupati didampingi Kadis Perkim, Sofyan Thamrin, Kepala BPBD, Rahman Mandaria, Kadis Sosial, Masling Malik dan sejumlah pejabat pemkab Luwu lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berinteraksi langsung dengan para korban di posko pengungsian. Selain itu, Bupati juga meninjau kesiapan dapur umum yang didirikan dinas sosial.

“Makanannya harus tercukupi, dan segera didistribusikan pada masyarakat kita yang jadi korban,” kata Dr Basmin Mattayang.

Sementara untuk rehab rumah warga yang rusak, susah didata dan segera pembangunannya akan segera dimulai. “Untuk rumah yang rusak berat, kita bantu Rp 25 juta, sementara untuk rusak ringan, kita kondisikan sesuai kebutuhannya,” ujarnya.

Bupati juga mengimbau seluruh masyarakat, khususnya yang berada di daerah rawan bencana, untuk mewaspadai cuaca ekstrim, seperti hujan deras, angin puting beliung dan tanah longsor.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Sofyan Thamrin, mengatakan pendataan rumah warga yang rusak, sudah rampung.

“Minggu ini materialnya kita salurkan, dan upah kerjanya juga kita siapkan,” kata Sofyan Thamrin.

Diketahui, rumah rusak di Kecamatan Lamasi Timur, akibat bencana puting beliung mencapai 90 unit. 20 diantaranya rusak berat, selebihnya rusak sedang dan rusak ringan. (*)