Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

INFODESA84 views

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara peringatan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965.

Peringatan hari kesaktian Pancasila yang ke 57 tahun 2022 mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Korpri pemerintah daerah Lampung Selatan itu di pimpin langsung oleh Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto yang di ikuti Forkompinda, Sabtu (1/10/2022)

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Wakil ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono sekaligus membacakan ikrar kesakitan Pancasila.

Pembacaan ikrar Kesaktian Pancasila merupakan bagian dari susunan upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila menjadi salah satu hari nasional di Indonesia. Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967 Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

BACA JUGA  DPRD Lampung Tengah Apresiasi Kinerja Pemda Turunkan Angka Stunting

Diketahui setiap upacara Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober akan dibacakan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila yang hanya dibaca ketika upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sendiri menjadi bagian untuk mengenang jasa Pahlawan Revolusi yang gugur pada peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau dikenal dengan sebutan G30S PKI.

Dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 pada laman Kemendikbudristek, Ikrar Kesaktian Pancasila ini dibaca setelah pembacaan Pembukaaan UUD 1945 dan sebelum pembacaan doa. (Red)