Bupati & Ketua DPRD Lutra Hadiri HUT XIV Luwu, Ini Apresiasinya

NASIONAL160 Dilihat

LUTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Bupati Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), Hj.Indah Putri Indriani dan Ketua DPRD Basir, menghadiri perayaan HUT XIV Luwu yang beribukota di Belopa.

erayaan HUT dilaksanakan di Rumah Jabatan(Rujab) Bupati Luwu, Pammanu, Kamis kemarin(13/2/2020).

Bupati Indah Putri Indriani dan Ketua DPRD Lutra Basir sangat mengapresiasi kegiatan HUT XIV Luwu di Belopa.

“Meski Kabupaten Luwu baru berusia 14 tahun, tapi sudah memberikan kontribusi besar untuk menjaga keamanan disegala lini, semoga Kabupaten Luwu secara keseluruhan menjadi Kabupaten yang bercahaya dan gemilang serta masyarakatnya hidup bahagia dan sejahtera,” tutur Bupati pada media ini Jumat,(14/2/2020), seraya menambahkan kearifan lokal kita orang Luwu adalah saling menjaga kemuliaan yakni Taro Ada Taro Gau,” Proficiat Luwu ke XIV”.

Sekadar kita ketahui bahwa, H.Basmin Mattayang sebagai Bupati ke-19 dan ke-22 Tana Luwu dari sejak masa pemerintahan Bupati pertama/perdana Andi Kaso pada tahun 1940(Luwu sebelum pemekaran wilayah, red).

Pemekaran Kabupaten Luwu yang melahirkan Kabupaten Luwu Utara dan Kota Otonom Palopo dibawah kendali saat itu Bupati Luwu(Alm) Dr.Kamrul Kasim yang menjabat Bupati Luwu dari tahun 1999-2003.
Dengan begitu, Kota Palopo yang sebelumnya Ibukota Kabupaten Luwu, harus bergeser ke Kecamatan Belopa dan kini Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu(secara administratif bukan Kota Belopa, red).

Sebuah secara terukir pada administrasi pemerintahan Luwu, 14 tahun silam, H.Basmin Mattayang, Bupati pertama pasca Belopa ditetapkan sebagai Ibukota Kabupaten, yang sebelumnya sebagai Kecamatan Belopa, berdasar Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2005.

Bupati Luwu H.Basmin Mattayang dan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak. Dan diresmikan Gubernur Amin Syam, menjadi Ibukota Kabupaten Luwu sejak 13 Februari 2006 silam. Juga bertepatan kala itu, periode 2004-2009 Luwu dipimpin oleh Bupati H.M. Basmin Mattayang dan Wakil Bupati H.Bahrun Daido(hasil pemilihan melalui DPRD).

Hingga akhirnya, regulasi pemiligan Kepala Daerah kemudian berubah untuk dipilih secara langsung H.Basmin Mattayang diharuskan mundur oleh aturan kala itu. Wakilnya, Bahrun Daido dilantik Bupati Luwu 2008-2009, sekaligus tercatat Bupati XX.

Kemudian Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) langsung pertama di daerah ini, dan menetapkan Ir.H. Andi Mudzakkar sebagai Bupati terpilih periode 2009-2014 dan Wakil Bupati Syukur Bijak. Sementara, H.Basmin Mattayang yang berpasangan Buhari Kahar Muzdakkar terdepak dari proses Demokrasi itu.

Proficiat and Bravo HUT XIV Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu and Succes untuk H.Basmin Mattayang and Syukur Bijak menjalankan amanah rakyat.(yustus)

Berita Terkait

Baca Juga