Bupati Banyumas Resmikan Destinasi Selusur Sungai Serayu di Papringan

LIFESTYLE128 Dilihat

BANYUMAS, INFODESANEWS – Bupati Banyumas Achmad Husein meresmikan Kampung Batik Pesona Wisata Kalisuren yang berada di Desa Papringan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas Minggu (22/12/2019).

Destinasiw baru dengan unggulan selusur sungai serayu dengan perahu itu diharapkan mampu menarik para wisatawan.

Bupati Banyumas mengapresiasi upaya Desa Papringan yang dipimpin oleh Kepala Desa Atam untuk mengembangkan desanya dengan menggali potensi yang ada. Dengan dibukanya selusur sungai serayu di Desa Papringan, tentunya akan sangat mendukung perkembangan pariwisata yang sekaligus dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat. Bupati berharap tempat ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya yakin obyek wisata selurus sungai serayu ini akan menjadi daya tarik dan dapat menjadi destinasi wisata baru yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Apalagi nanti setelah Bandara Soedirman diresmikan, nanti saya akan ajukan ke pemerintah pusat “River Bus” agar tempat ini akan menjadi tujuan” kata Bupati

Peresmian ini menurut Bupati juga akan bermunculan sebuah aktivitas-aktivitas baru masyarakat seperti kuliner, batik Papringan yang sudah lebih terkenal lebih dahulu juga magootsehingga dampak pariwisata memiliki keuntungan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Namun mengingat ini wisata air yang mengandung risiko, agar semua penumpang perahu agar menggnakan pelampung,” pesanya

Bupati juga mengatakan, sekecil apapun potensi wisata yang dimiliki oleh Desa jika memang bermanfaat, Pemkab Banyumas akan serius menggarap serta mendukung sepenuhnya. Bupati Banyumas langsung menunjuk anggota dewan yaitu Rochmad Imanda, Didi Rudianto dan Dedi Supriyanto yang ikut menghadiri peresmian untuk menyalurkan dana aspirasi di destinasi wisata baru ini. Dan secara sepontan ketiga anggota dewan itu menyanggupinya.

Kepala Desa Papringan Atam mengatakan, awal dibangunnya Pesona Wisata Kalisuren ini berawal dari mimpi dan angan-angan yang dibangun serta dituangkan dalam ide dan gagasan. Mimpi itu berawal dari adanya festival serayu, dengan semangat dan dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Papringan sehingga terwujud menjadi salah satu obyek wisata baru di Sungai Serayu.

“Kita wujudkan dulu mimpi itu dengan membuka Pesona Wisata Kalisuren. Selanjutnya kita akan bersama sama merawat, menjaga serta mengembangkan agar mendapat hasil maksimal, untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Atam.

Pengelola Pesona Wisata Kalisuren mengatakan dengan peresmian ini, pihaknya siap melayani wisatawan yang akan berkunjung di Papringan.

“Hari ini kita uji coba untuk warga setempat, untuk mencoba naik perahu. Selanjutkan akan berlaku untuk umum, biaya masuk tempat wisata ini hanya Rp 3 ribu, parkir motor Rp seribu dan naik perahu Rp 10 ribu ,” katanya (yn/rd)

Berita Terkait

Baca Juga