Bunda Win, Dekranasda Diharapkan Jadi Sentra Mode di Lamsel

INFODESA75 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto pimpin Rapat Evaluasi Tugas dan Fungsi Kegiatan serta Rencana Kerja Dekranasda Lampung Selatan, Selasa (8/3/2022).

Rapat Evaluasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Dekranasda kabupaten setempat itu bertujuan untuk mengevaluasi, menyusun dan merumuskan rencana kerja Dekranasda Lamsel dalam meningkatkan kontribusi industri kerajinan pada pembangunan nasional dan daerah.

Turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan Eka Riantinawati, Ketua DWP Lamsel Yani Thamrin, Kadis Perdagangan Intji Indriati, Kadis Kominfo M. Sefri Masdian, Kadis Koperasi Aryantoni, Kadis PMD Erdiyansyah, Kadis Ketahanan Pangan Yansen Mulia dan para pengurus Dekranasda setempat.

Dalam kesempatan itu, Bunda Win sapaan akrabnya meminta agar tugas yang dilakukan Dekranasda harus memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, perajin dan seniman.

“Saya harapkan kedepan kita dapat melakukan pembinaan kepada para penjahit dan UMKM lainnya, untuk itu kita harus merumuskan pembinaan dan bimbingannya sehingga nantinya hasil karya mereka dapat dijadikan tren untuk Lamsel,” pintanya.

Winarni juga meminta agar fungsi Dekranasda dapat berjalan dengan baik, untuk peningkatan sarana komunikasi yang timbal balik antar anggota dan lembaga pemerintah daerah.

“Studi banding kita di Bandung kemarin dapat agar diterapkan disini, cari desiner-desainer baju di setiap kecamatan untuk kita bina di Dekranasda, sehingga kedepan harapan kita Dekranasda dapat menjadi Sentra Mode dengan hasil karya-karya asli Lampung Selatan,” tegas Winarni dalam arahannya.

Dijelaskan tentang program dan layanan yang dilakukan Dekranasda Lampung Selatan, ada 4 poin, yakni Meningkatkan pembinaan untuk meningkatkan mutu dalam rangka merebut pasar, Peningkatan promosi produk kreasi dan seni di Lampung Selatan ,Pengelolaan pusat perbelanjaan kerajinan dan benda seni dan Kerjasama berbagai pihak dalam rangka peningkatan UMKM naik kelas.

“Saya minta hasil rapat ini dapat lebih meningkatkan lagi kekompakan kita dalam memajukan kerajinan-kerajinan yang ada, kita sepakat melalu Dekranasda harus menjadi centra mode, cari pengrajin dan desainer-desainer di kecamatan dan daerah untuk kita bina, saya kira itu banyak sekali,” kata dia mengakhiri arahannya. (Red)