Berkarir Bidang Pelayaran, Solusinya Belajar di  SMK Pelayaran Pancasila Kartasura

KHAZANAH, PENDIDIKAN313 Dilihat

SUKOHARJO – INFODESANEWS.COM, Berkarir di bidang pelayaran semakin diminati. Salah satunya adalah SMK Pelayaran Pancasila Kartasura, Sukoharjo. Sekolah di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini siap menjawab tantangan tersebut dengan terus mengasah skill dan kemandirian siswa agar siap kerja ketika lulus sekolah.

Waka Kesiswaan Sri Marheni, S.TAK (foto.dok)

Kepala SMK Pelayaran Pancasila, melalui Waka Kesiswaan Sri Marheni, S.TAK  mengatakan, sekolahnya membuka pendaftaran calon murid baru dengan Jurusan Teknika Kapal Niaga, dan Nautika Kapal Niaga.

“Sekolah kami basic-nya kapal niaga, bukan pesiar. Lulusan jurusan Nautika Kapal Niaga bisa bekerja di kapal barang, kapal tangker, kapal kontainer dan sebagainya. Penempatan kerja seperti menjadi nakhoda, chief officer dan lainnya, sedangkan Jurusan Teknik Kapal Niaga dapat bekerja di bagian mesin kapal,” ujarnya Kamis (30/11/2023).

Bukan hanya itu, SMK Pelayaran Pancasila Kartasura, Sukoharjo juga dapat mendaftar sebagai anggota TNI-Polri. Mereka telah dilatih kedisiplinan sejak dini.

Jl. Slamet Riyadi No.82, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (foto.dok)

Sri Marheni, S.TAK menjelaskan, visi dan misi SMK Pelayaran Kartasura, Sukoharjo adalah mencetak pelaut yang profesional dan handal sesuai standar Kemenhub. Sebab itu, kurikulum maupun tes sertifikasi juga dilakukan di bawah kementerian bersangkutan.

Bukan hanya mumpuni secara akademis, SMK Pelayaran Kartasura, Sukoharjo juga memberikan fasilitas lengkap guna menunjang kegiatan belajar mengajar. Antara lain ruang kelas ber-AC, laboratorium (lab) navigasi, lab menjangka peta, lab bahari, lab simulator untuk Jurusan Nautika Kapal Niaga, sedangkan bagi Jurusan Teknik Kapal Niaga disediakan lab bengkel teknik kapal serta lab simulator, dan sebagainya.

Lulusan SMK Pelayaran Pancasila Kartasura memang disiapkan menjadi perwira kapal, sehingga setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun, masih harus mengikuti praktik laut (Prala) selama satu tahun, ujian prala paska dan sertifikasi.

Pihak sekolah juga siap membantu menyalurkan lulusan SMK Pelayaran Pancasila Kartasura bekerja. Hal tersebut disesuaikan keinginan lulusan. Bila tidak cocok dengan penyaluran kerja, bisa mencari secara mandiri.

Tahun ini, SMK Pelayaran Pancasila Kartasura membuka lima kelas. Yakni dua kelas untuk Jurusan Nautika Kapal Niaga dan tiga kelas Teknik Kapal Niaga.

Sementara itu, salah seorang lulusan SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Jurusan Nautika Kapal Niaga Wicaksono mengatakan, kurikulum serta sarana prasarana di SMK Pelayaran Pancasila Kartasura sangat membantu mewujudkan cita-citanya berkarir di bidang pelayaran. Mereka juga digembleng kedisiplinan secara semimiliter. Tujuannya, menghasilkan siswa tahan banting dan mampu membuat keputusan dengan cepat ketika bekerja di kapal.

“Kami dilatih menjadi pemimpin. Harus berani bicara di depan banyak orang dan bergaul dengan beragam kalangan, berbagai suku. Sesuai jurusan, saya belajar navigasi elektronik, penanganan muatan dan keselamatan kerja di laut,” urainya. (Cin/Red)

Berita Terkait

Baca Juga