Berikut Data Kerusakan Dampak Puting Beliung di Desa Wawasan dan Bangunsari

INFODESA190 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Jumlah rumah rusak dampak bencana angin puting beliung yang menghantam Desa Wawasan dan Desa Bangunsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan, terus bertambah.

Peristiwa yang terjadi pada hari Minggu 9 April 2023 sekitar pukul 15.00 wib itu mengakibatkan 110 unit rumah milik warga termasuk fasilitas umum di Dua Desa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian mengatakan. Sebelumnya tercatat sebanyak 60 rumah rusak ringan dan berat akibat dampak puting beliung, setelah dilakukan pengecekan kembali, hingga pagi tadi tercatat 110 rumah dengan rincian, 106 rumah warga, 2 fasilitas umum yakni Masjid dan Gereja serta 3 Gedung Bangunan SD Negeri 1 Wawasan dan SMA serta TK.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Rangkaian Anjangsana Kapolres Blora dan Bhayangkari Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 72

“Hingg hari ini jumlah keseluruhan yang rusak tercatat 110 unit bangunan.”kata dia pada infodesanews.com melalui pesan WhatsApp nya, Senin (10/4/2023)

Dijelaskan dampak puting beliung yang terjadi hanya menimbulkan kerusakan sedang terhadap bangunan milik wargaa maupun fasilitas umum.

“Kerusakan paling dominan di bagian atap rumah. Ada pula yang tertimpa pohon roboh termasuk, ada pagar sekolah yang ambruk,” terang mantan kasat Pol PP Lampung Selatan itu.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kepala Desa Di Lampung Selatan Ditetepkan Tersangka Gunakan Sabu - Sabu

Saat ini pihaknya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Tanggap Darurat sudah terjun ke lokasi untuk mendata dampak kerusakan.

“Besok kami bersama tim invetarisasi, identifikasi, kerusakan dan kerugian paska bencana, yang terdiri dari Dinas PU-PR, Disperkin, BPBD, kecamatan, desa dan OPD terkait akan melakukan pendataan kembali.” pungkas Heri. (Red