Bentuk Perhatian Pemerintah, Babinsa Kopka Gampang Terima Bantuan Traktor Roda Dua Rotary

INFODESA, NASIONAL109 Dilihat

PENAJAM, INFODESANEWS – Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah dibidang pertanian khususnya ketahanan pangan guna mendukung percepatan pengolahan lahan,seperti kelompok Tani Harapan Baru yang bertempat di RT 07 Desa Giripurwa Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menerima bantuan traktor roda dua rotary.

Kopka Gampang Babinsa Kelurahan Petung Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU, selain sebagai Babinsa juga menjadi Ketua Kelompok Tani Harapan Baru tersebut menerima bantuan traktor roda dua Rotary dari Propinsi Kaltim yang diserahkan oleh Kabid Peralatan Dinas Pertanisn Pemerintah Kabupaten PPU. Minggu (07/5/2023).

Traktor merupakan salah satu alat pertanian modern dan tergolong dalam alat berat. Traktor membantu petani untuk membajak atau mengolah sawah. Traktor juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tenaga penggerak bagi peralatan industri pertanian lainnya menggunakan sistem Power Take Off (PTO).

Seiring perkembangan zaman, traktor mulai dikembangkan untuk membantu banyak pekerjaan manusia. Saat ini, jenis traktor yang umum digunakan adalah traktor roda dua dan traktor roda empat. Kedua traktor ini memiliki bagian yang berbeda.

Dalam kesempatannya Kopka Gampang mengatakan,”Pemerintah memberikan bantuan alsintan kepada petani yang berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil pertanian untuk bangsa.

Menurutnya, alsintan akan bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan tanah, masa tanam, dan masa panen,”ujarnya.

“Bantuan traktor roda dua rotary merupakan bantuan langsung dari Provinsi Kaltim dan Insya Allah satu bulan ke depan kita juga akan menerima bantuan lagi dari pihak Pemerintah Kabupaten PPU,”kata Babinsa.

Lanjutnya, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah dalam sektor pertanian yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik serta menitik beratkan upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

Kopka Gampang berharap anggota kelompok tani agar terus menjaga dan merawat dengan baik serta memanfaakan bantuan alat mesin pertanian yang di terima untuk kepentingan kelompok tani di wilayah masing masing guna terus berupaya meningkatkan produksi para petani melalui pembinaan, penyuluhan dan pemberian bantuan sarana dan prasarana pertanian untuk percepatan swasembada pangan,”tutupnya.