INFODESANASIONAL

BEM Faperta UPP Selengarakan Kegiatan Seminar Nasionar Dan Training Advokasi & Jurnalistik ISMPI

ROKAN HULU, INFODESANEWS Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian menyelengarakan kegiatan seminar nasional dan training advokasi & jurnalistik se pulau sumatra yang tergabung dalam ikatan senat mahasiswa pertanian indonesia wilayah 1. Senin, 24/02/2020.

Khairil Suhada selaku ketua panitia menyampaikan dalam kata sambutannya selamat datang bagi semua delegasi mahasiswa pertanian se sumatra di Universitas Pasir Pengaraian yang berjumlah 110 delegasi dari 23 Universitas se sumatra yang tergabung dalam ikatan senat mahasiswa pertanian indonesia (ISMPI) wilayah 1, dan saya juga mengucapkan permintaan maaf kepada semua delegasi karena kegiatan ini sempat tertunda di karenakan beberapa faktor yang tidak bisa kami paparkan disini.

Windo Putra Pratama dari Universitas Lampung selaku koordinator wilayah 1 menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa selagi manusia masih mengkomsunsi hasil – hasil bumi maka selama itu juga manusia masih membutuhkan pertanian dan disinilah mahasiswa pertanian memilik peran dan tangung jawab dalam membantu menuju indonesia sebagai negara lumbung pangan dunia di tahun 2045.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian yang diwakili oleh wakil rektor 1 dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini harus kita dukung karena sesuai dengan hasil rapat semua rektor kampus swasta se indonesia di jakarta minggu lalu, bahwa sesuai dengan peraturan baru kementrian pendidikan dan kebudayaan yang mana semua mahasiswa di tuntut untuk belajar teori cukup 5 semester dan magang 3 semester, karena ini bertujuan untuk melatih mahasiswa tidak hanya di kolam renang akan tetapi juga mampu di laut lepas, yang artinya mahasiswa hari ini diharapkan tidak hanya belajar di dalam kampus saja akan tetapi mereka juga harus mampu berproses di dunia luar kampus.

Saya mewakili Rektor Universitas Pasir Pengaraian membuka kegiatan seminar nasional dan training advokasi & jurnalistik selama tiga hari dari tanggal 23 – 25 Febuari 2020 dengan cara simbolis di aula mesjid agung islamic center pasir pengaraian dan saya juga mengucapkan selamat datang bagi semua delegasi mahasiswa pertanian se pulau sumatra yang tergabung dalam ikatan senat mahasiswa pertanian indonesia (ISMPI) wilayah 1 di Universitas Pasir Pengaraian, Ungkapnya.

Johny Setiawan mundung SP selaku wakil ketua umum perkumpulan sarjana pertanian Indonesia (PISPI) Riau menyampaikan materi tentang perannya mahasiswa pertanian dalam menciptakan inovasi baru bagi pertanian indonesia yang bisa di terapkan oleh petani nantinya, karena kita tidak bisa berharap sepenuhnya pada pemerintah untuk bertangung jawab pertanian indonesia dan kita sebagai mahasiswa pertanian indonesia harus bisa membantu masyarakat dalam advokasi di bidang pertanian.

Dr. Ir. Ida Nur Isma . Msi kepala BPTP Riau selaku perwakilan kementrian pertanian indonesia menyampaikan tentang persoalan kebutuhan hasil pertanian khususnya di riau bahwa kita masih kekurangan dalam produksi pertanian sehingga kita masih ketergantungan pada provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara, jadi kita sedang mencoba untuk keluar dari ketergantungan bahan pertanian tersebut, disini kami juga berharap kepada adik – adik mahasiswa untuk ikut andil dalam menyikapi polemik tersebut.

Ade Putra Daulay SP selaku Direktur PT. Sarana Pangan Madani memberikan materi seminar nasional tentang betapa pentingnya menjaga ketahanan pangan, karena pada hari kita tau semua bahwa negara kita sering sekali me impor beras dari negara luar karena negara kita tidak mampu menjaga kedaulatan pangan yang di sebabkan oleh permaianan mafia di bidang pertanian, maka dari itu saya mengajak adik – adik mahasiswa pertanian se sumatra untuk sama – sama kita bersinergis memberatas mafia pertanian khususnya di pulau sumatra untuk menjaga dan bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat daerah kita sendiri dengan harga yang lebih terjangkau dengan sistem dari kita untuk kita.

Hana Asmita dari Jurnalis Riau TV menyampaikan materi tentang berita dalam dunia, dunia dalam berita yang mana kita selaku mahasiswa harus mampu bisa mengegam dunia ini dalam berita mengingat sangat banyak persoalan yang terjadi di bidang pertanian, dari alih fungsi lahan dan serobot lahan petani maka dari situ kita harus memberitkan hal tersebut agar tidak ada lagi petani yang di tindas.

Ade Putra Daulay SP selaku aktivis Riau memberikan materi di aula Universitas Pasir Pengaraian kepada adik – adik mahasiswa pertanian se sumatra tentang ilmu advokasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang advokasi agar mampu membantu persoalan yang di alami oleh petani baik secara edukasi atau langkah – langkah aksi untuk membantu hak – hak petani yang di rampas oleh pihak yang tidak bertangung jawab.

Pembekalan materi jurnalistik yang di berikan oleh Amin Syukri S.kom selaku sekretaris PWI Rokan Hulu tentang kode etik jurnalistik dan UUD Pers kepada adik – adik mahasiswa pertanian se sumatra agar mereka tau betapa penting ilmu jurnalistik bagi dirinya sendiri dan masyarakat sekitar yang mana media ini bukan saja meliput tentang aksi mahasiswa tapi juga meliput semua hal yang terjadi di daerah kita dengan bekerja secara profesional baik dari wawancara sampai dengan tahap pemberitaan di media online maupum cetak.

Penulis : Jufri

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close