Baznas Gelontorkan Ratusan Juta Untuk Beasiswa ke Sejumlah Mahasiswa di Blora 

NASIONAL, PENDIDIKAN238 Dilihat
banner 728x90

BLORA, INFODESANEWS – Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten Blora gelontorkan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Blora. Penyerahan bantuan yang total nilainya mencapai Rp 290 juta itu, dilakukan oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, di pendapa rumah dinas Bupati, Kamis (25/7/24).

Sejumlah mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa tersebut, masing-masing tengah menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di Blora. Masing-masing STAI Muhammadiyah Blora, STT Ronggolawe Cepu, IAI Al Muhammadiyah Cepu, IAI Khozinatul Ulum Blora.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Blora mengapresiasi Baznas dimana telah mengelola dana Baznas yang bersumber dari dana ASN yang ada di Kabupaten Blora,” terang Gus Arief.

Bupati yang akrab dipanggil Gus Arief itu, ketika awal jadi Wakil Bupati dirinya membidangi soal Kesra. Saat itu penerimaan Baznas baru puluhan juta rupiah.

“Akhirnya kita mengambil kebijakan seluruh ASN di Kabupaten Blora harus dipotong gajinya. Dan manfaatnya alhamdulillah bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya pendidikan tetapi kesehatan, kemanusian seperti bantuan korban kebakaran dan sebagainya,” paparnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
PCNU Pati Sensus Warganya

Gus Arief menambahkan, Baznas untuk terus berinovasi. Dengan demikian, keberadaan Baznas diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat dan terus berkoordinasi dengan baznas Provinsi dan pihak pihak lainnya.

”Saat ini, masih ada 70 persen anak-anak kita yang belum menempuh pendidikan lanjut. untuk saya berharap agar paling tidak 50 persen anak-anak Blora di SLTA bisa menempuh pendidikan lanjut,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Blora, Sutaat mengatakan, hari ini Baznas ada dua agenda satu pelatihan barber shop atau potong rambut dengan 50 peserta itu terbagi 20 unsur pondok pesantren yang 30 unsur masyarakat umum itu kita latih mulai pagi tidak hanya pelatihan mereka juga dapat materi, kaos dan alat-alat untuk potong rambut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan khususnya warga yang kurang mampu jadi lebih produktif.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kemendagri Dorong Pemulihan dan Pengembangan UMKM yang Terdampak Covid-19

“Alhamdulillah mulai tadi jam 9 sampai 02.30, mulai dari teori, praktek kemudian penyerahan bantuan dalam rangka ikut mendukung program ini satu Desa satu sarjana kami beri beasiswa untuk perguruan tinggi swasta yang ada di Blora,” ucapnya.

Lanjutnya, kategori mulai dari STTR, IAI Muhammad, STAI Muhammadiyah dan Khozinatul Ulum seluruh penerima sebanyak 115 mahasiswa, ada juga tadi bantuan orang tidak mampu dari SMA 1 Jepon, kita bantu satu laptop karena dia tidak mampu tapi dia pintar.

“Untuk sarjananya sendiri kita bantu 2 juta per semester selama kami menerima pengajuan dari lembaga,” tuturnya

Sutaat menambahkan, pendapatan baznasnya di 2023 senilai 10 miliar 826 juta rp25.000 27 rupiah untuk tahun 2024 Baznas menargetkan 12 miliar bisa karena Baznas ada lima program antaranya Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Kemanusiaan dan Dakwah atau Agama.

“Semoga bisa karena kami juga ada 5 program Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Kemanusiaan dan agama,” pungkasnya.

banner 728x90