Bawaslu Blora Bersama Pemkab Deklarasi Pemilu Damai, Bersih dan Bermartabat.

INFODESA82 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Ikrar pemilu damai yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan, dan diikuti 16 pimpinan partai politik peserta pemilu 2019, yang diikuti Forkopimda, KPU, dan sejumlah elemen masyarakat Blora. dilaksanakan di ruang sekda kabupaten Blora.

“Bahwa sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, tugas dan fungsi Bawaslu adalah melaksanakan pencegahan, melaksanakan pengawasan, melaksanakan penindakan dan memutuskan sengketa proses Pemilu,” ucapnya, dalam sambutannya saat upacara halaman kantor bupati, Senin (1/10).

Upaya pencegahan itu, dilaksanakan dengan sosialisasi, koordinasi dan mendorong partisipasi masyarakat. Menurutnya, agenda itu sebagai salah satu upaya untuk sosialisasi, koordinasi dan mendorong partisipasi masyarakat.

“Kami berharap ini tidak hanya acara seremonial saja. Akan tetapi dapat menjadi semangat dan spirit bersama. Agar kita semua dapat menghadirkan Pemilu tahun 2019 di kabupaten Blora ini secara demokratis, bermartabat dan berkualitas. Ini salah satu wujud fungsi pencegahan yang menjadi tugas Bawaslu,” ujar Ketua Bawaslu Blora.

Adapun ikrar peserta pemilu 2019 beserta tim kampanye dan para pendukung yang mengusung semangat persatuan dan persaudaraan itu, terdapat lima poin yang diucapkan.

Diantaranya, 1). Mewujudkan Pemilu 2019 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil; 2). Menolak Politik Uang, Politisasi SARA (Suku Agama Ras Antar Golongan) dan kampanye hitam; 3). Tunduk dan patuh kepada hukum sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku; 4). Saling menghormati dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia dan 5). Turut serta mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019 demi mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

Usai mengucapkan ikrar deklarasi dilakukan pelepasan burung merpati secara simbolik bersama Bupati, Forkopimda dan semua pimpinan parpol. Lantas, penandatanganan kesepakatan bersama.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho menegaskan, tujuan deklarasi tersebut agar seluruh tahapan Pemilu 2019 nanti berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Berkampanyelah dengan santun dan menyenangkan. Pasanglah alat peraga kampanye dengan se kreatif mungkin. Jangan menyebar hoax dan kampanye hitam,” tegas Bupati.

Ia meminta kepada seluruh peserta dan penyelenggara pemilu untuk menjaga dan memperhatikan keindahan dan ketertiban saat memasang alat peraga kampanye di wilayah kabupaten setempat.

“Jangan membuat pemasangan baliho dan lainnya menjadi kotor. Mari kita ciptakan suasana yang aman, tertib, indah dan damai di kabupaten Blora menjelang Pemilu 2019,” pungkasnya. (aras/rd)