oleh

Babinsa Monitoring kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Purwodiningratan

SURAKARTA, INFODESANEWS  – Rabu tgl 26 Februari 2020 pukul 10.00 wb sampai selesai tempat di Aula UPT Puskesmas Kel. Purwodiningratan  Kec. Jebres Kota Surakarta. Babinsa Purwodiningratan Serka Samsuri Koramil 04/Jbs Kodim 0735/Ska ikuti kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Camat Jebres Ibu Sulistiarini S.STP.M.Msr, Kepala KUA Purwodiningratan Arbain S.Ag, Kepala UPT Puskesmas Purwodiningratan dr.Farahdilla Mirshanti.

Dalam kesempatam tersebut Camat Jebres menyampaikan bahwa Membangun kesehatan, dalam hal ini meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah tanggung jawab sepenuhnya dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja, puskesmas atau rumah sakit, tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau lakon (manusia) tidak fit atau sehat.

Masalah kesehatan di negeri ini begitu kompleks, baik dari sistem penerapannya maupun dari pola hidup masyarakat itu sendiri, namun memang unsur gaya hidup masyarakat inilah yang sangat serius disoroti, karena akan menjadi percuma jika pemerintah, instansi kesehatan menjalankan sistem dan program kesehatan yang profesional dan bermutu tanpa di imbangi respon dari masyarakat itu sendiri sebagai pelaku dan obyek untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, yaitu melalui paradigma sehat.

Tentu dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus keterlibatan semua pihak, semua elemen dan unsur terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat dimasyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan bangsa dapat terwujud.

Lokakarya Mini Lintas sektor Puskesmas Purwodiningratan adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemanku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan puskesmas Sapala sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (Arda 72)

Berita