BABINSA KORAMIL SLAHUNG BANTU PETANI PUPUK TANAMAN JAGUNG

INFODESA168 Dilihat

PONOROGO,INFODESANEWS Dengan pemupukan yang berimbang serta kebutuhan air yang cukup dalam menanam jagung, diharapkan bisa meningkatkan hasil dari produksi jagung yang maksimal bagi para petani. Untuk pemupukan sendiri, selain jenis pupuk anorganik, pupuk organik (kompos/pupuk kandang) juga perlu diberikan dalam penanaman jagung agar bisa memperbaiki sifat fisik tanah. Hari ini, Babinsa Koramil 0802/10 Slahung sedang melaksanakan pendampingan dan pengawalan membantu warga binaan memupuk tanaman jagung di lahan seluas dua kotak.(11/07/19)

Serma Sawito, Babinsa Desa Simo bersama Bapak Samsuri warga Dusun Plumpung, Desa Simo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo melakukan pemupukan terhadap tanaman jagung yang baru masuk usia tanam satu minggu,” Tanaman Jagung milik Bapak Samsuri yang saya bantu pemupukan ini sudah masuk usia tanam sekitar satu minggu lebih, “ katanya.

 Dikatakan Serma Suwito, bahwa pemupukan dan pengairan tanaman jagung, keduanya harus dilakukan secara tepat dan sesuai tahapan dan takaran yang benar, “ Pemupukan jagung seperti ini harus benar – benar memperhatikan dosis, cara dan waktu pemupukan sehingga diperoleh hasil pemupukan yang efektik. Sedang untuk air, juga harus diperhatikan sistem pengairannya sehingga tanaman jagung akan selalu cukup untuk terpenuhi  kebutuhan akan air, “ jelasnya.

 Disamping pemupukan dan pengairan, tentunya  pengendalian terhadap hama tanaman juga harus diperhatikan dalam proses menanam jagung. Untuk mengendalikan atau membasmi hama tanaman jagung, para petani bisa melakukannya dengan cara menyemprot dan membasmi tanaman jagung yang sudah terinfeksi penyakit. Semoga dengan pengawalan dan pendampingan para petani oleh Babinsa bisa terus meningkatkan hasil dari produksi pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.(zai)

Berita Terkait

Baca Juga