Babinsa Bantu Petani Basmi Hama Tikus Denga Gropyokan

INFODESA133 Dilihat
Tulungagung, Infodesanews.com – Hama tikus merupakan musuh utama para petani. Untuk itulah di awal masa tanam Babinsa Ds. Domasan dan Babinsa Ds. Banyuurip, Koramil 0807/08 Kalidawir, jajaran Kodim 0807/Tulungagung Serda Winarno dan Serda Sudarlan bersama sama PPL dan petani, berame rame melakukan gropyokan hama tikus di persawahan kelompok tani Desa Domasan. Kamis(11/01/2018).
 
Dengan gropyokan ini di anggap ampuh untuk mengusir hama tikus yang meresahkan petani. Selain itu, dengan gropyokan secara tidak langsung menumbuhkan semangat gotong royong antara Babinsa dan petani, dalam mengatasi hama tikus di sawah mereka, dari sawah satu ke sawah yang lainnya.
 
Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani di berikan sosialisasi bagaimana cara berburu tikus menggunakan pentungan.
 
” Gropyokan ini sebagai upaya mengurangi serangan tikus, terhadap tanaman padi, baik di awal masa tanam maupun menjelang masa panen,” ungkap Serda Winarno.
 
Senada dengan itu Sarno (56 th) mengungkapkan kepada babinsa bersama dinas terkait yang telah membantu para petani dalm mengurangi gangguna hama tikus ini sehingga diharapkan hasil panen bisa meningkat pada mase panen tahun ini.
“Trimakasih kepada Bapak Babinsa, yang sudah bersedia membantu penggropyokan hama tikus tersebut, “tuturnya salah satu petani ikut gropyokan.
 
” Mudah mudahan saja kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga hasil panen meningkat dan Program Ketahanan Pangan Kab. Tungagung sukses,” pungkas Serda Sudarlan (Md 0807).