AWPI Surakarta Hari ini Gelar Khitanan Massal di RSUD Bung Karno, Puluhan Anak dan Orang Tua Tersenyum Bahagia

SOLO, INFODESANEWS  | Khitan (sunat) merupakan salah satu ajaran dalam Islam yang bertujuan untuk memelihara kebersihan diri. Selain itu, khitan juga merupakan sebuah bukti ketaatan terhadap perintah Sang Maha Pencipta. Namun, biaya untuk menjalankan khitan terkadang menjadi kendala bagi keluarga yang kurang mampu. 

Peserta khitanan massal saat bersama orang tua dan panitia di RS Bung Karno (foto: dok)

Untuk itu, Assosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) menyelenggarakan Khitanan Massal sebagai salah satu program tahunan sekaligus ultah AWPI  di Rumah Sakit Bung Karno Solo, Minggu (5/3/2023).

AWPI Solo melaksanakan program ini dengan bekerjasama dengan Baitul Mal PLN UP 3 Surakarta, RSUD Bung Karno, dan HIC Henry Indraguna serta didukung Lintas Media Group (Infodesanews, Majalah DIDIK, Bizznetlink).

Sebanyak 30  anak dari keluarga tidak mampu yang berada di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon pun dapat dikhitankan. Acara ini berlangsung sejak pagi hari hingga pukul 11.00 WIB siang. 

Setelah khitan, anak-anak penerima manfaat pun mendapat sarung, uang saku dan bingkisan meskipun masih berjalan dengan sedikit pincang dan menangis. Namun wajah-wajah bocah yang tadinya meringis menahan tangis akhirnya kembali bisa tersenyum manis. Program ini bertujuan untuk meringankan beban para dhuafa dan sosialisasi kesehatan diri sejak dini.

Direktur RSUD Bung Karno melalui Kepala Seksi Keperawatan, Suharmanto, S.ST mengatakan kegiatan khitanan massal yang di selenggarakan AWPI bekerjasama dengan RSUD Bung Karno berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada AWPI yang telah menggelar kegiatan sosial khitanan, semoga kedepan jalinan kerjasama ini terus berkesinambungan,” ujarnya.

Suharmanto, menjelaskan peserta yang sudah dikhitan nantinya bisa kembali cek up di faskes setempat atau bisa datang kembali ke RSUD Bung Karno. “Karena peserta rumahnya jauh, maka bisa kontrol di puskesmas terdekat,” tambahnya.

Panitia Khitanan Massal DPC AWPI Surakarta (foto: dok)

Sementara itu, Ketua DPC AWPI Kota Surakarta Panut JP mengatakan acara ini dilaksanakan dalam rangka Ulang Tahun AWPI 2023. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian AWPI terhadap masyarakat yang kurang mampu.  Harapannya kegiatan sosial ini akan menjadi agenda rutin AWPI ke depannya. “Kami atas nama DPC AWPI Kota Surakarta mengucapkan banyak terima kasih atas atensi masyarakat surakarta atas kegiatan ini, dan kami berharap acara ini sedikit meringankan para orang tua dalam mengkhitankan putranya,” ungkapnya.

Secara medis, khitan memiliki banyak manfaat

Pertama, Khitan membuat laki-laki lebih mudah untuk dibersih. Kebersihan melindungi anak laki-laki dan pria dari berbagai penyakit menular yang mematikan. 

Kedua, infeksi lebih mudah menyerang laki-laki yang tidak dikhitan. 

Ketiga, jika tidak dikhitan, laki-laki berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan karena bagian ujung yang dikhitan adalah tempat tumbuhnya banyak bakteri. Terakhir dan tidak kalah penting, manfaat khitan adalah mencegah kanker. 

Diharapkan melaui program ini, AWPI Cabang Surakarta dapat memberikan kontribusi positif dan ikut peduli dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. (*/Red Slo)

Berita Terkait

Baca Juga