Aster Kasdam I/BB Berikan Materi Wasbang ke Mahasiswa Baru UMSU

NASIONAL56 views

MEDAN – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam I Bukit Barisan Kolonel Arh. Dedik Ermanto SIP, MT menyampaikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada para mahasiswa baru, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Kegiatan digelar, dalam rangka Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

Kolonel Arh. Dedik Ermanto SIP, MT mengatakan setiap warganegara wajib bela negara dan harus mempunyai wawasan kebangsaan terutama para generasi muda, dihadapkan dengan kehidupan kampus yang mempunyai pola pikir maju dan bebas. Mahasiswa harus mempunyai jiwa nasionalis yang tinggi yang memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“Kita harus senantiasa membangun karakter bela negara pada diri kita masing-masing, sehingga bisa membela negara kita agar tidak terpecah belah oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab.” terang Kolonel Arh. Dedik Ermanto SIP, MT, saat memberikan pembekalan kepada para mahasiswa UMSU di Kampus UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Senin (26/09/2022).

Menurut Aster Kasdam I/BB bahwa pemberian materi wawasan kebangsaan ini, pihaknya ingin memberikan gambaran dan pemahaman kepada para generasi muda tentang pentingnya penguatan Bela Negara dalam rangka memperkokoh Persatuan & Kesatuan serta Cinta Tanah Air Indonesia

Dikatakan Kolonel Arh. Dedik Ermanto SIP, MT, bahwa sudah seharusnya para mahasiswa saat ini dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki karakter yang tangguh dan menjadi agen di berbagai lini demi kemajuan sebuah negara.

BACA JUGA  Kapolda Gorontalo Apresiasi Loyalitas dan Kinerja Direktorat Polairud

Diakui Aster Kasdam bahwa generasi milineal saat ini sangat rentan akan berita Hoax, dalam kesempatan ini, pihak berharap para generasi milineal untuk jeli dan peka terhadap berita yang tidak jelas asal usul dan darimana sumbernya agar tidak menjadi korban dan bisa terjerat hukum yang berlaku.

“Saya yakin dengan adanya pembekalan Wawasan Kebangsaan ini, para mahasiswa dan generasi muda, bisa bijak dan pintar dalam memilah konten media sosial yang beredar di jejaring medsos yang real dan Hoax”, jelasnya.

Tidak hanya itu, “Para mahasiswa agar senantiasa menumbuhkan semangat untuk bersatu dan mampu menjadi generasi-generasi yang berkualitas, sehingga kedepan generasi muda Indonesia dapat memiliki karakter yang tangguh, sekaligus menjadi agen-agen perubahan di berbagai lini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”harap Aster Kasdam.

“Semoga dengan bekal pengetahuan Wasbang tentang potensi, ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan bangsa ini, bisa membangkitkan semangat juang para generasi muda untuk mengambil peran aktif dalam melanjutkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara sesuai profesi serta berkontribusi positif, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Aster Kasdam.(@Gus)