Anggota TNI Bantu Warga Atasi Sulitnya Cari Pakan Hewan Ternak

INFODESA75 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – – Sebagian masyarakat khususnya yang mempunyai ternak Kambing dan Sapi mulai mengalami kesulitan untuk mencari dan mendapatkan pakan ternak seperti halnya yang di alami Matsabah (40) warga Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan Lampung Selatan.

Menurut Matsabah sulitnya mencari rumput untuk pakan ternaknya karena saat ini para petani sedang melakukan pengolahan lahan dan musim tanam jadi semua lahan pertanian tidak ada rumput,

“Ditambah saat juga musim hujan sehingga kita susah untuk mendapatkan rumput, “Tidak mungkin juga hujan hujan kita nekat keluar untuk mencari rumput.” ujar dia.

Alhamdulillah kesulitan saya untuk mencari rumput untuk pakan ternak telah teratasi setelah saya dapat pengetahuan untuk memfermentasi daun daunan agar awet dan tampak hijau.

“Ini semua berkat bimbingan dari anggota Koramil 421-03/Pnh bapak Serda Mujahidin sebagai Babinsa yang terus menerus memberikan binaan pada warga sekitar wilayah kerjanya.
“Terimakasih pak atas ilmu pengetahuan yang bapak berikan.” ujar Matsabah.

Sementara itu Serda. Mujahidin mengatakan apa yang saya tularkan ini hanya berbagi pengalaman untuk mengatasi kesulitan para peternak untuk mencari rumput

“Seiring kemajuan pengetahuan, berbagai inovasi pakan ternak telah dilakukan, salah satunya adalah sistem fermentasi, oleh karena itu saya mengajak warga yang memelihara ternak untuk mencoba membuat fermentasi pakan dari daun-daunan agar bisa disimpan untuk menjamin ketersediaan pakan.”kata dia.

Mudah mudahan apa yang saya lakukan ini dapat menjadi contoh dan mempelopori dalam usaha dan mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di sekelilingnya.

“Karena ini merupakan salah satu doktrin 8 wajib TNI yang seharusnya dilakukan oleh setiap prajurit dimanapun mengemban tugas.”kata dia lagi pada Infodesanews.com. Sabtu (23/3)

Diketahui Matsabah yang memiliki hewan ternak sebanyak 53 ekor Kambing yang sebelumnya merasa kuwalahan untuk mencari pakan kini mulai merespon gagasan tersebut karena merasa terbantu.

Saya sangat terbantu dengan pakan fermentasi ini karena sangat meringankan beban dalam mencari pakan hijauan segar dan terimakasih pak TNI yang telah mendampingi saya dalam membuat pakan fermentasi ini.”imbuhnya. (Sg)