Belajar Matematika Ternyata Gampang, Ini Rahasianya

NASIONAL67 Dilihat

SOLO – INFODESANEWS, Selama ini selalu ada cap “menakutkan” terhadap pelajaran Matematika. Padahal, pelajaran hitung-menghitung ini bisa dibuat menyenangkan. Bagaimana caranya?

Pengajar Les Privat Matematika di Solo, Amarjoko, S.Si kepada INFODESANEWS.COM menjelaskan, Matematika terasa menyenangkan ketika seseorang mengerjakan soal-soal Matematika dalam waktu yang cukup lama. Larut dalam keasyikan sehingga membuat seseorang cenderung tak ingin diganggu. Salah satunya dengan menggunakan imajinasi dan alat peraga.

“Asyik dan menyenangkan. Ketika kita bicara asyik, kita cenderung tidak mau diganggu. Biasanya orang benci Matematika karena dianggap susah dan tidak menarik. Tapi dengan imajinasi atau alat peraga, Matematika akan menjadi lebih mudah,” kata Amarjoko, Jumat (28/3) di Solo.

Bagi mereka yang sudah menemukan keasyikan Matematika, pasti akan mengerjakan ribuan soal, seperti tidak mengerjakannya. “Puji terus biar tambah semangat. Terlebih jika mengemasnya dalam sebuah permainan yang biasa anak lalukan sehari-hari, itu akan sangat menyenangkan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan menyukai Matematika, logika anak akan berkembang. Selain itu, Matematika akan menjadi teman dan Sains akan disukai. Dengan menguasai Matematika, menurutnya, mempelajari Sains juga akan lebih mudah. “Itu yang kita harapkan karena logika yang berkembang akan membantu dia (anak) dalam menyelesaikan masalah,” tandasnya.

Amarjoko, juga berharap kepada guru matematika di sekolah, pada awal dan akhir pelajaran matematika, selalu memancarkan energi positif tentang matematika dengan slogan MATEMATIKA ITU GAMPANG. “Dua kata tersebut akan membuat anak menjadi rilek dan senang dengan matematika. Perubahan tingkah laku dan minat anak terhadap matematika akan berubah menjadi positif seiring berjalannya waktu,” jelasnya. (her/*)