Akhirnya Terpilih 3 Besar Finalis Duta Pangan Sagu Bumi Lamaranginang di HPS, Ini Komentar Bupati

INFODESA33 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Untuk memperkenalkan pangan asal Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), di Hari Pangan Nasional(HPS) tingkat Kabupaten yang digelar Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Lutra, Selasa(22/10) dihalaman Rujab Bupati.

HPS ini sudah dua kali dihelat, yakni untuk momentum strategis unruk memperkuat komitmen peduli terhadap petani di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara.

” Hal ini dituturkan Bupati Lutra saat membuka Hari Pangan Sedunia mengatakan bahwa, untuk menjadi momentum pernyataan kembali mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan pada kedaulatan pangan yang semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat, dan kali ini DKP mengambil tema,” Kita Peduli Petani dan Pangan Lokal Luwu Utara,” tutur Bupati Indah, yang mana dihadiri Ketua DPRD Lutra Basir, para Forkopimda dan para pimpinan SKPD.

Dikatakan Bupati Indah bahwa kewajiban kita semua pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mekestarikan tanaman Sagu di Bumi Lamaranginang ini.

” Kita tahu bahwa harta dari nenek moyang kita di Luwu Utara adalah Sagu.Indah mengatakan bahwa, baysnfan saya saat Sawerigading berlayar yang dibawa adalah Sagu, maka merupakan kewajiban kita semua untuk kestarikan tanaman Sagu ini, dan juga tanaman pangan lainnya,” terang Indah.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri mengatakan, momentum HPS adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Lutra akan pentingnya pangan lokal.

“Dan juga untuk memperkokoh solidaritas antar sektor dalam menjaga ketersediaan dan keamanan pangan dan memberdayakan petani sebagai penggerak ekonomi dibidang pangan,” terang Alauddin panggilan akrabnya.

HPS ini juga dilakukan Pemilugan duta pangan dan petani millenial lomba fhoto view sagu, pameran pangan dari setiap Balai Penyuluh Pertanian(BPP) setiap Kecamatan dan dialog publik.

Dan keluar sebagai juara pertama duta pangan Bumi Lamaranginang yang diikuti 5 finalis yakni, Nur Aida Yaumil Achir dari Sukamaju.(yustus)