Akhir Kepemimpinan Heri Mampu Gelar Reuni Nasional IKA BK UPGRIS

PENDIDIKAN100 Dilihat

Semarang, Infodesanews.com – Ratusan alumni Program Study (Progdi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas PGRI Semarang (Upgris) hadiri acara “Reuni Nasional bertemakan Persembahan alumni untuk negeri” yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Khusus (PCK) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Progdi BK Upgris. Acara itu dilangsungkan di ruang seminar gedung pusat Upgris, dengan hiburan artis lokal asal Jepara Rara Agha, Minggu (25/2).

Ketua umum PCK IKA Progdi BK Upgris, Heri Saptadi Ismanto mengaku, bahwa Reuni Nasional tersebut merupakan tonggak awal untuk kembali membangkitkan semangat alumni dalam berbakti terhadap progdi, apalagi progdinya telah berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Agustus 2017 lalu, atas capaian itu pihak kampus sudah menyusun untuk membuka Program Pendidikan Profesi Konselor (PPPK).

“Capaian-capaian ini tidak lepas juga dari suksesnya para alumni yang tersebar diseluruh Indonesia. Acara ini kami selenggarakan untuk menjaga hubungan baik dan tetap menjaga sinergitas dengan progdi BK Upgris,” kata Heri Saptadi Ismanto yang resmi demisioner setelah dua periode memimpi tersebut.

Heri menyampaikan, BK Upgris merupakan salah satu jurusan paling tertua di Upgris, yang mana sudah berhasil mencetak alumninya menjadi generasi yang sukses dalam berkarya dan bekerja di bidang, khususnya dibidang kependidikan. Dikatakannya, alumninya telah terbukti banyak yang sukses dengan berbagai latar belakang profesi dan sudah banyak tersebar di seluruh pelosok nusantara.

“Alumni kami kebanyakan guru BK, sebagian juga sudah PNS. Tapi diluar guru juga banyak, ada artis, psikolog, jurnalis, karyawan perusahaan, satpol PP dan banyak lagi,”ujarnya.

Dalam agenda itu juga diselingi, acara bhakti sosial anak yatim, ramah tamah dan berbagai hiburan maupun doorprize, selain itu regenerasi kepengurusan baru dalam organisasi itu. Adapun alumni paling jauh datang dari Padang, Sumatera Barat.

Ketua Panitia acara, Anton Khumaedi mengaku bangga acara bisa berlangsung sukses, walau hanya dihadiri 200an alumni, namun semua merata baik saat mereka lulus masih menggunakan nama jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) maupun BK, termasuk juga saat masih lulus menggunakan nama STKIP, IKIP PGRI Semarang maupun sudah berubah menjadi UPGRIS.

“Dari data yang masuk kami lihat semua alumni datang, mulai dari angkatan 1990 hingga 2017, yang paling jauh dari Padang. Padahal ini acara perdana, tapi kami senang bisa mempertemukan seluruh alumni,” imbuhnya.

Anton memastikan akan terus membesarkan nama alumni BK, apalagi di Progdi BK Upgris, memiliki trilogi organisasi yang selalu mendukung penuh pengembangan BK agar lebih maju.

“Di Progdi BK UPGRIS, ada HIMA BK, FORKA HMP BK, ditambah IKA Progdi BK. Kami pastikan akan selalu bersinergi membesarkan BK UPGRIS,” kata Anton yang terpilih secara aklamasi menggantikan Heri Saptadi.