Komisi I DPRD Lamsel Apresiasi Perkembangan BUMDes Mulyo Sari Jaya Desa Sidomulyo

INFODESA, LIFESTYLE97 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS –Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Sari Jaya Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo yang bergeraknya di simpan pinjam itu mendapat apresiasi dari Komisi I DPRD Lampung Selatan.

Hal tersebut diketahui saat rombongan Wakil rakyat yang membidangi pemerintahan Desa melakukan menitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (DD-ADD) tahun 2021 di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo dalam rangka kunjungan kerjanya, Selasa (22/2/2022)

Dikatakan bahwa DD dan ADD bukan hanya wajib tranparan tapi bisa menciptakan perbaikan kesejahteraan masyarakat, sehingga indeks perkembangan pembangunan bisa dinyatakan muncul peningkatan kemajuan, seperti halnya Desa Sidomulyo.

“Dengan tranparansi dan akuntabilitas yang baik akan bisa meningkatkan kualitas serta kemudahan kinerja semua pihak untuk menjaga mengawal program pemerintah yang tepat sasaran,” kata Legeslatif dari Fraksi PKS itu.

“Kami berharap keberhasilan BUMDes Mulyo Sari Jaya ini ditiru oleh BUMDes di desa-desa lain untuk mendukung optimalisasi pengembangan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di bergai sektor.”imbuhnya.

Sementara itu wakil ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono mengatakan, Sejauh ini baru ada 1 BUMDes yang terkelola dengan baik, sisanya masih belum maksimal dalam pengelolaannya,” kata dia pada infodesanews.com, saat mendampingi Komisi I dalam kunjungan kerjanya, Selasa(22/2/2022)

Menurutnya,dengan koordinasi dan komunikasi Kades dengan Forum BUMDes untuk mengembangkan berbagai usaha bernilai Ekonomi.

“Bergeraknya di simpan pinjam bukan hanya dapat membantu para pelaku usaha UMKM di tingkat Desa tapi juga para petani khususnya petani Jahe Merah yang saat ini ditekuni oleh sejumlah kelompok tani.”ujarnya.

Legislatif dari Fraksi PAN itu, yakin bahwa BUMDes lainnya juga memiliki potensi-potensi ekonomi yang sama bahkan lebih. Oleh sebab itu, ia mendorong BumDes lainnya melakukan hal serupa agar taraf perekonomian masyarakatnya meningkat dan sejahtera.

Kepala desa Sidomulyo Kecamatan setempat, Misiran Sanjaya mengatakan, BUMDes Mulyo Sari Jaya, selain bergerak di bidang simpan pinjam dan perkebunan Jahe Merah, juga bergerak di bidang percetakan dan menjalin kerjasama dengan salah satu produk jagung pabrikan serta para pelaku usaha UMKM yang ada di Kampoeng Si Oke.

“Kami berharap dengan adanya kunjungan dari komisi I DPRD ini dapat memotivasi kami untuk terus berinovasi dan memberikan solusi agar tercipta peluang usaha ke depan yang lebih baik. Kami juga berharap Kapada para wakil rakyat turut mempromosikan BUMDes kami agar mendapatkan peluang yang lebih.”pungkasnya. (Red)