Latih Kemandirian Warga, Tim Pengabdian UMS Lakukan Sosialisasi di Desa Jungsari Jumapolo

INFODESA, PENDIDIKAN133 Dilihat

KARANGANYAR – INFODESANEWS, Dalam rangka edukasi sekaligus melatih kemandirian warga, Tim Pengabdian Masyarakat UMS terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama ibu PKK. Kali ini sosialisasi dilakukan  didesa Jungsari Kelurahan Kadipiro, Jumapolo Karanganyar,  pada Sabtu, 12 Desember 2021 tahun lalu. Tim pengabdian yang berasal dari mahasiswa serta dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut diketuai oleh dosen Prodi Teknik Kimia, Siti Fatimah, S.Si., M.Sc dan beranggotakan Dr. Ir. Ahmad M.Fuadi dan Dedi Gunawan Ph.D dari Prodi Informatika dan Komunikasi.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kabupaten Pati Raih Penghargaan APE 2018

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi serta pengetahuan kepada ibu-ibu PKK tentang cara pembuatan sabun cair/handwash yang dapat dibuat secara mandiri. Ide pembuatan sabun cuci tangan sendiri berasal dari penelitian tim mahasiswa yang telah memenangkan lomba pada Program Kreatifitas Mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh kepala desa Jungsari yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan arisan ibu-ibu PKK. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan oleh Tim serta penjelasan tentang sabun cuci tangan. Setelah perkenalan dilanjutkan dengan persiapan pembuatan sabun cuci tangan serta penjelasan tentang bahan apa saja yang harus dipersiapkan. Setelah semua alat dan bahan siap proses pembuatan di demonstrasikan di depan seluruh ibu ibu PKK.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kapolda Lampung Kunjungi Kantor MUI Provinsi Lampung

Ibu-ibu terlihat sangat antusias saat proses pembuatan, banyak yang bertanya tentang bahan alternatif serta takaran yang sesuai untuk setiap bahannya. Sampai setelah proses pembuatan pada tahap akhir, kegiatan diselingi dengan quiz dengan hadiah handwash buatan tim mahasiswa. Kegiatan di akhiri dengan bagi bagi sabun cuci tangan yang telah dibuat, serta dilanjutkan dengan foto bersama. (anto/her)