Program Pamsimas III Diluncurkan, Aparat Desa dan Kecamatan Di Luwu Utara Dilatih

NASIONAL301 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS – Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang diluncurkan pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, disambut hangat.

Untuk itu, aparatur desa dan kecamatan dibekali pelatihan di Aula Hotel Bukit Indah, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba, Rabu 20 Oktober 2021 untuk peningkatan kapasitas program pamsimas.

Pelatihan ini diikuti 94 orang dari 79 desa penerima program pansimas dari 15 kecamatan sebaran program pansimas masing-masing satu orang. Dan acara ini akan berlangsung dari 20 hingga 23 Oktober 2021.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kementrian Investasi/ BKPM Gelar Bimtek Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Menengah di Kota Solo

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya berharap, dengan menggenjot kemampuan aparatur desa, tentunya pencapaian akses universal dari program pamsimas bisa tercapai.

“Pemerintahan desa dan masyarakat sangat berperan dalam membangun desanya,  termasuk sarana air bersih dan penataan lingkungan. Jadi, nantinya program ini bisa dinikmati bersama,” sebutnya.

Indah beranggapan dan mengakui kontur tanah di setiap desa yang ada di wilayah Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara, berbeda-beda. Ada yang berada di dataran tinggi, namun ada pula berada di bantaran sungai, sehingga tingkat kesulitannya dalam mengakses air bersih berbeda.

” Supaya program itu tercapai, Indah meminta agar aparatur desa dan kecamatan yang ikut pelatihan betul-betul mengikutinya dari awal hingga selesai. Dan Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan meminta absen setiap season yang hadir dalam kegiatan tersebut. Indah berharap ikuti sampai selesai pelatihan ini dengan baik dan selanjutnya implementasikan dilapangan,” tandasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Pererat Silaturahmi, Babinsa Koramil Muara Jawa Jalin Komsos dengan Warganya

Hadir dalam mendamoingi Bupati Luwu Utara yakni, Kepala Bappelitbagda Alauddin Sukri, Kadis Dinas Kesehqtan Marhani Katma dan Kepala Dinas PMD, Misbah.

Sekadar diketahui, program pansimas adalad salahsatu program unggulan pemerintwh dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.(yustus)