Ratusan Siswa SMA Negeri 1 Sidomulyo Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Ratusan siswa SMA Negeri 1 Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan menjalani vaksinasi Covid-19.

Kegiatan vaksinasi Covid-19, bagi para siswa SMA Negeri 1 Sidomulyo di ikut sebanyak 500 siswa yang dipusatkan di Aula SMA Negeri 1 setempat, Rabu (22/9/2021)

Humas SMA Negeri 1 Sidomulyo, Susi Nurul Fitri mengatakan, Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran tatap muka (PTM) dapat berjalan lancar dan aman. Selain itu vaksinasi ini salah satu syarat pelaksanaan PTM.

“Alhamdullilah hari ini kita melihat langsung peserta didik sudah divaksin dan aman tidak ada gejala apapun.”kata dia.

Dijelaskan Dari 500 siswa yang menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama ini, kita bikin dua gelombang, dengan sasaran 250 siswa untuk satu kali pelaksanaan.

“Hari ini merupakan hari ke-dua pelaksanaan vaksinasi. Dengan begini kalau tenaga pendidik dan peserta didik sudah divaksin semua maka PTM dengan menerapkan prokes maka akan berjalan dengan aman dan lancar,” kata dia pada infodesanews.com, Rabu (22/9/2021)

Vaksinasi bagi pelajar merupakan salah satu syarat untuk dapat melakukan PTM. Dengan jumlah vaksin yang kami terima masih banyak kurang. Karena jumlah siswa kami ada 1.110 sedangkan yang mendapatkan vaksin baru 500 siswa,

“Saya berharap kepada pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan, dapat memberikan tambahan dosis agar semua siswa dapat tervaksin,”imbuhnya.

Dari pantauan infodesanews.com, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung, sejak Senin 20 September 2021 telah melakukan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan menyertakan 50 persen siswa kelas 11-12.

“Yang masuk untuk hari pertama adalah 50 persen siswa dari kelas 11-12, untuk hari kadua yang masuk pagi dengan nomor absen ganjil sedengkan nomor absen geneb pada siang harinya, Total ada 32 kelas yang masuk.” kata wakil kesiswaan SMA Negeri 1 Sidomulyo Hariyanto.

Dijelaskan, masing-masing kelas akan dibagi 2 sesi mata pelajaran. Satu sesi mata pelajaran selama 3 jam.

“Jadi siswa masuk pukul 07.15 mengikuti belajar 3 mata pelajaran sampai pukul 10.35 dan untuk besok akan ada PTM untuk kelas 11-12 dengan absen nomor genab. Sedangkan untuk kelas 10 akan dievaluasi 2 minggu kedepan.”paparnya.

Kami menyambut baik pelaksanaan PTM yang mulai dijalankan setelah hampir 1,5 tahun menjalani proses pembelajaran daring. “Dan yang pasti dari pihak sekolah tetap berupaya untuk memberlakukan protokol kesehatan ketat kepada murid dan juga tenaga pengajar yang ada di sekolah, apalagi semua siswa sudah tervakain semuanya.”pungkasnya.

Sementara itu, Ka UPT Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sidomulyo, dr Rocky J.D Sihombing, mengatakan, Vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan dan percepatan program vaksinasi bagi pelajar/siswa-siswi yang berusia 12 tahun ke atas dan memenuhi syarat untuk vaksin.

“Tujuan dilakukan vaksinasi di Kabupaten Lampung Selatan, karena kegiatan sekolah PTM sudah berlangsung sejak, dua hari lalu, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. Makanya Pemkab Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan sangat intens melakukan vaksinasi untuk para pelajar khususnya tingkat SMP, SMA dan SMK.”ujar Rocky.

Dari 500, 438 siswa yang divaksin Dosis pertama. Sedangkan sisanya ditunda akibat sakit dan tidak kecocokan Nik.

“Dengan rincian pelaksanaan vaksinasi hari pertama sebanyak 164 ditunda 20 dan 10 siswa masalah Nik. Dihari Ke-Dua sebanyak 274 siswa yang tervaksin dan 20 ditunda serta 14 siswa masalah Nik.”imbuhnya. (Red)