Mulai 5 Juli PRI Sidomulyo Bakal Grebek Vaksinasi di Desa Desa

INFODESA, NASIONAL93 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, kebut vaksinasi Covid-19, melalui Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, membuka layanan di kantor desa, dengan menargetkan 1.500 vaksinasi lansia wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Ka UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sidomulyo, dr, Rocky J.D Sihombing, mengatakan hal ini dilakukan melanjutkan program yang sempat tertunda karena adanya salah satu desa yang belum merampungkan pendataan warga lansia nya.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi di kantor desa nanti dibantu oleh jajaran kader kesehatan, RT/RW hingga satgas covid-19, tingkat desa. Jadi para lansia yang sudah terdaftar tinggal datang ke kantor desa untuk mendapatkan vaksinasi secara gratis,”kata dia.
Dijelaskan, petugas kesehatan jemput bola dengan membuka pos pelayanan vaksinasi untuk para lansia di masing-masing desanya. sesuai data yang sudah ada.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Malam Grand Final Muli Mekhanai Ketua Tim Penggerak PKK Lamsel Jadi Juri

“Ini menjadi layanan baru yang dihadirkan Dinkes untuk mempercepat capaian vaksinasi lansia. Selain itu, memberikan layanan kemudahan bagi mereka para lansia yang kesulitan atau keterbatasan menuju akses sentral yang selama ini disediakan Puskesmas,” ungkap Rocky usai menggelar rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi di desa-desa, Senin (28/6/2021)

Lebih lanjut dikatakan, sebenarnya program ini sudah ada dari dulu. Namun terkendala adanya desa yang belum memberikan data lansia.

“Saya minta kerja samanya pihak desa menyediakan tempat atupaun pendingin untuk menyimpan vaksin. Mudah-mudahan dalam minggu minggu ini bisa kita laksanakan dan sesuai terget, 1.500 dosis,”kata Rocky.

Rocky menabahkan, Untuk tanggal 30 Juni 2021 kita akan lakukan lanjutkan vaksinasi bagi tenaga guru, Kader Kesehatan dan RT yang belum ter vaksin, dengan target 100 dosis untuk dua Desa, yakni desa Sidodadi dan desa Sidorejo. Sedangkan pelaksanaan kita lakukan di Puskesmas.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Nanang Berharap SMSI Lamsel Dapat Bersinergi Dengan Pemerintah

“Untuk lansia dengan usia 59+ maupun warga kita jadwalkan mulai tanggal 5-10 Juli 2021, kita lakukan vaksinasi ke desa-desa dengan target 80 dosis per desa.”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Satgas percepatan penanganan kasus Covid-19, Kecamatan Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, meminta kepada desa yang belum mendata lansia, untuk segera melakukan pendataan.

“Saya minta bagi desa yang belum mendata agar segera melakukan pendataan bagi lansia maupun para pelayan publik yang belum mendapatkan vaksinasi.”terang camat Sidomulyo itu. (Red)